Khofifah Apresiasi Protokol Kesehatan Gereja

Khofifah Apresiasi Protokol Kesehatan Gereja

MENJELANG pukul 18.00 kemarin (24/12), Gereja Kebangunan Kalam Allah Indonesia (GKKAI) terasa makin sibuk. Pengurus gereja dan jemaat mempersiapkan kebaktian malam Natal. Juga hendak menyambut kedatangan Gubernur Khofifah Indar Parawansa.

Personel  gabungan TNI-Polri dan dua anggota Banser berjaga di depan gereja. Beberapa staf Khofifah juga tampak di halaman.

Selagi menunggu kedatangan gubernur, umat GKKAI menjalani kebaktian Natal dengan khusyuk. “Tema Natal tahun ini adalah Hidup Saleh dalam Kasih Karunia,” ujar Pendeta Agung Andisusilo, salah seorang majelis gereja yang juga akan menyambut kehadiran gubernur.

Tema tersebut dimaksudkan agar tiap pribadi memiliki sifat saleh dan mencontoh keteladanan Yesus. Sehingga, mereka dapat menerapkan kesalehan tersebut dalam relasi antar sesama, juga dalam kehidupan bermasyarakat.

Sekitar pukul 18.30, Khofifah dan rombongannya datang. Dia langsung disambut oleh para majelis GKKAI, antara lain Agung, Hartono Adji dan Lisanawati.

Ketika turun dari mobil, Khofifah menyapa mereka. Matanya menyipit. Meski tak bibirnya tak tampak karena tertutup masker, mata itu menandakan bahwa Khofifah sedang tersenyum. “Selamat Natal,” ujar Gubernur.

Khofifah didampingi oleh Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta, Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Suharyanto, Pangkoarmada II Laksamana Muda TNI Iwan Isnurwanto, Kabinda Jatim Marsma TNI Rudy Iskandar, dan Plh Sekdaprov Jatim Heru Tjahjono.

Kekhusyukan jemaat Gereja Kebangunan Kalam Allah Indonesia (GKKAI) dalam kebaktian malam natal kemarin (24/12).
(Foto: Eko Suswantoro-Harian Disway)

Khofifah harus menunggu sejenak selama kurang lebih satu menit hingga peribadatan usai. Kemudian ia berjalan menuju altar sembari menyapa jemaat GKKAI satu persatu. “Selamat hari Natal,” ujarnya.

Dalam sambutannya, Khofifah mengapresiasi protokol kesehatan dalam gereja tersebut. Para jemaat duduk dengan berjarak.

Dia juga berharap agar dalam Natal kali ini, semua warga dapat menjaga semangat kebersamaan dalam kebinekaan. “Selamat menyambut Natal. Semoga damai dan sehat semuanya,” ucap Khofifah yang disambut tepukan tangan para jemaat.

Pukul 19.00, Khofifah dan jajarannya berpamitan pada seluruh majelis gereja dan para jemaat. Tak henti-hentinya dia mengucapkan selamat Natal pada semua orang. Tentu kehadiran seorang gubernur memberi kesan pada para jemaat. Bahwa pemerintah hadir bagi umat Nasrani dan menjamin mereka dapat beribadah dengan damai dan sukacita. (Guruh Dimas Nugraha)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: