Siap Dicocol Aneka Saus

Siap Dicocol Aneka Saus

Istimewa bila dalam perayaan Natal dan tahun baru, disajikan kalkun. Seperti di Harris Cafe & Restaurant yang menyajikan Turkey Roasted. Boleh dicoba resepnya lho untuk dimasak sendiri di rumah.

Turkey atau kalkun dipilih menjadi hidangan untuk momen-momen istimewa seperti perayaan Natal dan tahun baru karena unggas ini memang berbeda. Minimal karena memiliki kandungan serat lebih bagus dan memiliki protein yang tinggi daripada unggas yang lain.

Sayang unggas ini jarang sekali dihidangkan di Indonesia. Maklum untuk menyajikannya, kalkun harus didatangkan dari Amerika Serikat atau Australia.

”Kami pun juga harus impor. Sebab di Indonesia belum ada peternak kalkun. Ukurannya dipilih yang cukup besar. Beratnya bisa mencapai tujuh kilogram,” terang Rachmad Andriyanto, Chef Harris Cafe & Restaurant.

Biasanya Turkey Roasted akan dihidangkan untuk dimakan bersama keluarga pada perayaan Natal di Eropa. Di setiap negera, penyajiannya bisa berbeda-beda. ”Dari sajian tersebutlah kami mencoba semaksimal mungkin untuk menyajikan sama seperti yang ada di Eropa,” jelas Chef Andri, panggilannya.

Khusus untuk Natal dan tahun baru di Harris, sajian kalkun ini dipadukan Chef Andri -panggilannya- dengan rasa manis dan gurih. Itu didapat dari cranberry sauce dan apple carmelaize yang memang merupakan sandingan cocok untuk Turkey Roasted.

Selain cranberry sauce dan apple carmelaize, Chef Andri sudah menyiapkan aneka sauce western lain seperti mushroom sauce, black pepper sauce, hingga barbeque sauce. Semuanya sebagai cocolan yang tepat.

Bila ingin membuat cranberry sauce sendiri, mula-mula cranberry yang sudah dibersihkan direbus dengan air hingga lunak dan beri gula pasir. Tambahkan serut kulit jeruk, raisin, bubuk kayu manis untuk menambah harum, dan bubuk pala.

Tak lupa ada tambahan bumbu wajib seperti garam, merica, dan bubuk jamur. Aduk hingga merata dan dinginkan sejenak.

Biasanya Turkey Roasted akan dihidangkan untuk dimakan bersama keluarga pada perayaan Natal di Eropa. Di setiap negera, penyajiannya bisa berbeda-beda. (Fadhilah Yunviani/Harian Disway)

Sementara pembuatan apple carmelaize tinggal memasaknya dengan air dan gula pasir. Hingga apel empuk sampai air gula menjadi karamel.

Sebelum itu, tentu siapkan dulu kalkunnya. Membuat Turkey Roasted diakui Chef Andri perlu sedikit penanganan khusus. Mengingat bentuk dan karakter daging turkey ini berbeda dengan jenis unggas yang lainnya.

Chef berusia 42 tahun itu membuatnya dengan campuran dari salad oil, mustard, garam, merica, lada hitam juga rempah-rempah western. Itu khusus untuk bagian luar.

Sementara untuk bagian dalam diberi aneka sayuran atau biasa disebut mirepoix. ”Itu untuk menambahkan rasa segar dan juga potongan roti tawar,” terangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: