Mini Burger, Menu Si Kecil untuk Natal yang Bikin Gemes

Mini Burger, Menu Si Kecil untuk Natal yang Bikin Gemes

Burger biasanya disajikan dalam bentuk besar. Agar puas dan mengenyangkan perut. Namun yang ini mini. Dibuat Rachmad Andriyanto, Chef Harris Cafe & Restaurant khusus untuk si kecil.

Karena bentuknya kecil, menu ini dibuat khusus untuk anak-anak yang makan di Harris Cafe & Restaurant. Sengaja dibuat mini karena jika berukuran seperti biasanya, anak-anak bisa jadi tak habis menyantapnya.

”Jadi ini bukannya pelit. Tapi agar lebih efisien dan termakan habis semuanya oleh anak-anak yang memang banyak sekali saat berkunjung ke kafe kami pada hari Natal. Pokoknya bentuknya bikin gemes,” ungkap Chef Andri, panggilannya.

Namun meskipun disiapkan untuk anak-anak, orang dewasa pun boleh memakannya. ”Malah di Harris Cafe & Restaurant, kami enggak membatasi jumlahnya. Mau ambil dua sampai tiga mini burger atau bahkan lebih, boleh kok,” lanjutnya.

Meskipun enak menikmati yang sudah tersedia, namun Chef Andri mau membagi cara membuatnya. Sangat bisa dipraktikkan di rumah. Sebab mini burger ini hanya memerlukan empat bahan. Terdiri dari tepung gandum, telur, gula, dan butter.

Chef Andri yang membawa mini burger di tangan kirinya, dan mini sandwich di tangan kanannya. Keduanya disiapkan khusus oleh HARRIS Hotel & Conventions Bundaran Satelit Surabaya untuk anak-anak yang santap Natal di kafenya. (Fadhilah Yunviani/Harian Disway)

Bahan-bahan itu untuk mementuk bun burger yang termasuk kategori bread softroll. ”Jangan lupa memberi taburan wijen di atasnya untuk mempercantik tampilan dan memperkaya rasa,” tambahnya.

Menyusul pembuatan daging atau biasa disebut petey burger. Chef Andri menggunakan daging giling dengan dicampur tepung roti, bawang bombay, garam, lalu diaduk dengan merata. Selanjutnya dibentuk dan ditimbang dengan berat 50 gram untuk setiap porsi mini burger.

Jika dua bahan itu siap, lanjutkan dengan penyusunan. Yang pertama yaitu belah bun burger menjadi dua lalu panggang di atas teflon bersama dengan dagingnya. Jika sisi bun burger yang dipanggang sudah berubah warna lalu angkat.

”Sesekali membalik dagingnya, karena proses pemanggangan daging lebih lama daripada bun burgernya,” tambah Chef Andri.

Setelah selesai semua sisi bun burger yang dipanggang diberi mayonaise, selada keriting, tomat, acar mentimun, keju, daging yang dipanggang lalu tutup dengan bun burger dan siap disajikan.

Selain mini burger ada menu mini lainnya seperti sandwich. Ada resep juga yang dibagi oleh Chef Andri. Bahannya antara lain roti tawar yang sudah dipotong kotak kecil, daging asap yang sudah jadi, mayonaise, tomat, dan keju.

Cara penyusunannya mirip dengan mini burger. Siapkan dua potong roti tawar untuk bagian atas dan bawah sandwich. Tuangkan mayonaise di atas roti secukupnya atau bisa diganti dengan saus sesuai selera.

Tambahkan tomat. Lanjut menempatkan keju slice yang sudah dipotong bagian kecil sesuai dengan roti tawar. Tambahkan daging asap di atas keju dan yang terakhir tutup bagian atas dengan roti. Mini sandwich pun siap disajikan. (Heti Palestina Yunani-Novanda)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: