Rebutan Nama Keju Gruyere

Rebutan Nama Keju Gruyere

ANDA tahu keju gruyere? Ya, itulah keju berwarna kuning dengan tekstur keras yang akan menjadi sangat lembut saat meleleh. Cocok untuk membuat fondue. Nah, keju itu disebut gruyere karena memang dibuat dari sekitar kota Gruyeres, Swiss. Itu sudah paten.

Keputusan tersebut diambil oleh konsorsium produsen keju dari Swiss dan Prancis. Bahwa, keju yang dibuat di luar kota Gruyere tidak bisa disebut sebagai keju gruyere. Konsorsium itu mengatakan bahwa keju itu dibuat dengan standar yang baku di kota tersebut sejak abad ke-12.

Keputusan itu persis seperti argumen bahwa champagne tidak bisa disebut champagne jika tidak dibuat di wilayah Champagne, Prancis. Jadi, minuman serupa di luar itu ya cukup disebut sebagai sparkling wine.

Nah, keputusan dari konsorsium produsen keju itulah yang diprotes oleh Dewan Eksportir Olahan Susu Amerika. Mereka mengajukan tuntutan melalui Pengadilan Distrik Virginia. Dan pekan lalu, hakim T.S. Ellis mengatakan bahwa warga AS tidak pernah mengasosiasikan nama keju gruyere dengan kota Gruyere.

Bagi warga AS, gruyere itu jenis keju secara generik. Tidak harus merujuk pada kota tempat membuatnya. Dikutip Associated Press, Ellis mengatakan bahwa keju gruyere tidak bisa mendapatkan perlindungan merek. Yang penting, jenis kejunya sama, ya bisa disebut gruyere. Meskipun dibuat di AS.

Memang, nama produk dan tempatnya kerap bikin bingung. Misalnya Bika Ambon yang justru berasal dari Medan. Atau rambutan Aceh yang tumbuhnya di Blitar. Juga sate Madura yang di setiap kota ada… (Doan Widhiandono)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: