Nostalgia Bareng Green Day Lewat BBC Sessions  

Nostalgia Bareng Green Day Lewat BBC Sessions   

TIDAK ada yang bisa mengalahkan asyiknya nostalgia. Terutama dengan musik-musik era 90an yang memorable. Nah, demi melayani kebutuhan mengenang masa lalu itu, Green Day merilis album rekaman live: BBC Sessions, pada 10 Desember lalu. Berisi lima rekaman BBC dari sesi live di Maida Vale Studios, London, mulai 1994 hingga 2001.

Rekaman live di BBC memang telah menjadi keinginan Green Day sejak lama. Sebab, musisi-musisi idola mereka juga tak pernah melewatkan tampil secara live di studio Maida Vale yang legendaris.

’’Kami yakin, suatu saat rekaman live di BBC akan dirilis dan menjadi sesuatu yang istimewa,’’ ujar Mike Dirnt suatu kali, seperti dilansir NME. Penantian itu pun tiba akhir tahun lalu.

Sesi paling awal yang terdokumentasikan dalam The BBC Sessions adalah rekaman live mereka pada 8 Juni 1994. Selang beberapa bulan setelah trio tersebut merilis album ikonik mereka Dookie. Terdapat sejumlah hits yang masuk ke album. Antara lain She, When I Come Around, dan Basket Case.

Laman Ultimate Classic Rock memberikan review positif terhadap The BBC Sessions. Artikel yang ditulis oleh Gary Graff menyebut, seperti banyak rekaman BBC lainnya, The BBC Sessions karya Green Day kali ini memiliki nuansa agak aneh. Tanpa penonton, lagu-lagu yang dibawakan terdengar seperti latihan mentah. Kehilangan energi memberi dan menerima yang sangat penting. Yang lazimnya dilakukan oleh Green Day dalam konser-konsernya.

Meski begitu, ada kedekatan unik. Suara mentah langsung membuat pendengar merasakan sensasi ekslusif: seperti berada dalam sebuah ruangan, mendengarkan Green Day sedang berlatih. Hal itu merupakan cara Green Day untuk membangun kedekatan yang intim, antara mereka dan pendengarnya.

The BBC Sessions kemungkinan besar tidak akan menggantikan Bullet in a Bible atau Awesome as Fuck sebagai album live Green Day terbaik. Tapi album tersebut dapat menunjukkan betapa kuat dan menarikya grup tersebut. Serta konsistensinya saat menangani perubahan. Baik halus maupun dramatis.

’’Apakah itu baik-baik saja?” Terdengar suara Billie Joe Armstrong bertanya setelah album tersebut ditutup dengan single Waiting. Jawabannya begitu afirmatif.

Laman kerrang.com yang ditulis oleh Ian Winwood memberi review yang cukup baik pula. Menurutnya, The BBC Sessions membawa pendengarnya kembali pada masa ketika Green Day menjadi unit live yang lebih cair, dan tentu saja lebih menarik. Menampilkan empat sesi radio yang direkam antara era Dookie tahun 1994 dan Warning Tour tahun 2001.

Agregator review Metacritic juga memberi penilaian bintang empat untuk album The BBC Sessions. ’’The BBC Session menekankan jalinan konektif dengan evolusi kreatif Green Day sepanjang babak pertama karier mereka. Yang lagu-lagunya sungguh layak masuk dokumen sejarah musik mana pun,’’ tulis salah satu kritikus.

Green Day adalah band punk rock yang berdiri pada 1987. Mereka memadukan musikalitas persilangan antara The Ramones dan The Monkees. Berupa perkawinan melodi pop dan energi punk yang didukung oleh riff cerdas. Sejak awal kariernya, Green Day telah menjual lebih dari 85 juta album di seluruh dunia. Billie Joe Armstrong, Mike Dirnt, dan Tre Cool, tiga awak Green Day, itu seakan tak pernah redup. (Retna Christa-Guruh Dimas)

BILLIE JOE AMSTRONG dalam salah satu sesi live di London pada 1994. (Getty Images via NME)

 

Materi BBC Session

  1. ‘She’ (Live di BBC, 8 Juni 1994),
  2. ‘When I Come Around’ (Live di BBC, 8 Juni 1994),
  3. ‘Basket Case’ (Live di BBC, 8 Juni 1994),
  4. ‘2000 Light Years Away’ (Live di BBC, 8 Juni 1994),
  5. ‘Geek Stink Breath’ (Live di BBC 3 November 1996),
  6. ‘Brain Stew’/’Jaded’ (Live di BBC 3 November 1996),
  7. ‘Walking Contradiction’ (Live di BBC 3 November 1996),
  8. ‘Stuck With Me’ (Live di BBC 3 November 1996),
  9. ‘Hitchin’ A Ride’ (Live di BBC 12 February 1998),
  10. ‘Nice Guys Finish Last’ (Live di BBC 12 February 1998),
  11. ‘Prosthetic Head’ (Live di BBC 12 February 1998)
  12. ‘Redundant’ (Live di BBC 12 February 1998),
  13. ‘Castaway’ (Live di BBC 28 August 2001),
  14. ‘Church On Sunday’ (Live di BBC 28 August 2001),
  15. ‘Minority’ (Live di BBC 28 August 2001),
  16. ‘Waiting’ (Live di BBC 28 August 2001).

 

Sumber: