Kapal Selam Indonesia Masih Canggih

Kapal Selam Indonesia Masih Canggih

INDONESIA saat ini baru punya empat kapal selam. Masih jauh dari target yang sebanyak 12 kapal selam. Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono menyebut bahwa jumlah tersebut itu belum ideal.

Empat kapal selam milik TNI-AL itu di adalah satu kapal selam U-209/1300, yakni KRI Cakra-401. Kapal itu dioperasikan sejak 1981. Ia merupakan satu dari 12 kapal selam kelas Tjakra buatan Uni Soviet (kapal selam kelas Whiskey).

Sedangkan tiga kapal selam lainnya berjenis Diesel Electric Submarine U209/1400 Chang Bogo. Buatan Korea Selatan. Satu kapal selam di antaranya dibuat di Indonesia, melalui PT PAL Indonesia, yaitu KRI Alugoro-405.

"Armada kita kan ada tiga. Tentunya nanti akan kita penuhi sesuai dengan tugas pokok kapal selam. Serta disesuaikan dengan daerah rawan strategis yang harus dilaksanakan operasi oleh kapal selam," kata Laksamana TNI Yudo Margono, seusai meresmikan monumen kapal selam, di Koarmada II, Sabtu (15/1).

Soal teknologi, pria kelahiran November 1965 tersebut menegaskan bahwa tiga kapal selam mereka sudah menggunakan teknologi terbaru. "Saya rasa sudah canggih. Tidak perlu di-upgrade," ucapnya. (Michael Fredy Yacob)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: