Chicken Gochujang, Menu Khas Korea dengan Cita Rasa Nusantara

Chicken Gochujang, Menu Khas Korea dengan Cita Rasa Nusantara

MENU kuliner Korea memang sedang booming. Para pelaku bisnis memanfaatkannya di tengah kegandrungan masyarakat terhadap segala sesuatu tentang Korea. Fave Hotel Surabaya tak mau ketinggalan. Chef Catur Suyanto menyajikan menu chicken gochujang. Yakni ayam goreng khas Korea.

Menu tersebut merupakan salah satu masakan khas Korea favorit pengunjung. ’’Yang membedakan, ayam gochujang buatan saya memiliki cita rasa Nusantara,’’ ujarnya. Hidangan itu, meski tampaknya berat, namun masih tergolong snack atau makanan ringan.

Potongan-potongan paha ayam dengan bumbu merah, ditaburi dengan rajangan sayur sebagai pemanis. Dagingnya empuk, pedas, namun tidak terlalu nendang seperti cita rasa pedas ala Korea. ’’Kalau makanan Korea sebagian besar spicy. Sedangkan chicken gochujang saya ini sudah disesuaikan dengan lidah Nusantara,’’ ungkap chef berusia 45 tahun itu.

Rasa orisinal dari chicken gochujang adalah asin-pedas. Tentu tak sepenuhnya cocok dengan lidah orang Indonesia, utamanya masyarakat Jawa. Yang kebanyakan lebih suka manis. ’’Memang masakan lokal juga pedas. Tapi jika dibandingkan, makanan Korea jauh lebih tinggi tingkat kepedasannya,’’ jelasnya.

Menurut Catur, sensasi terlalu pedas justru menghilangkan cita rasa lainnya. Berbeda dengan rasa chicken gochujang buatan chef Catur. Rasanya lebih bervariasi. Ada sedikit cita rasa manis di ujung lidah. Tanpa menghilangkan pedas sebagai rasa otentik masakan tersebut.

’’Itulah bedanya. Jadi semua orang bisa menikmati,’’ terangnya.

Cara membuatnya mudah. Bahan utama yang disiapkan antara lain paha atau sayap ayam, tepung beras, pasta gochujang, saus tiram, saus tomat, dan bumbu pelengkap lainnya.

Langkahnya, daging ayam dimarinasi terlebih dahulu, kemudian dicampur dengan tepung beras. Setelah itu digoreng hingga matang dan crispy. Langkah terakhir tinggal mencampur bumbu pelengkap serta pasta gochujang, saus tiram, dan saus tomat ke dalam wajan.

Popularitas ayam goreng Korea tak lepas dari pengaruh drama Korea. Drama-drama tersebut kerap menampilkan aktornya sedang menyantap chicken gochujang. Kegemaran terhadap karya seni dari Negeri Ginseng memancing para fansnya untuk turut memelajari budaya Korea. Termasuk dari sisi kuliner.

Pebisnis-pebisnis yang jeli menangkap kepopuleran tersebut dan mencoba menghadirkan produk kuliner Korea. Salah satunya chicken gochujang. Hingga kini banyak franchise makanan yang menjual menu tersebut. Bahkan salah satu restoran cepat saji ternama di Indonesia, juga memasukkan menu chicken gochujang. (Retna Christa-Guruh Dimas)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: