Wang Yiren: Orang Tiongkok Tidak Berlutut

Wang Yiren: Orang Tiongkok Tidak Berlutut

SEPANJANG pekan lalu, fans Everglow mendengar bahwa Wang Yiren pulang ke negara dia, Tiongkok. Sementara Everglow akan melanjutkan aktivitas dengan lima member yang tersisa. Yuehua, label mereka, tidak menjelaskan secara rinci alasannya. Namun, fans menduga bahwa itu terkait dengan sikap Yiren pada perayaan tahun baru lalu.

Ya, pada 2 Januari, Sihyeon dkk tampil menyapa Forever—sebutan fans Everglow—di Seoul. Pada akhir penampilan, mereka memberikan salam selamat tahun baru. Kelima member berlutut dan bersujud. Sesuai tradisi Korea. Namun, Yiren memberi salam dengan gestur khas Tionghoa. Yakni dengan menyatukan kepalan tangan kanan dengan telapak tangan kiri. 

Di Tiongkok, memberikan salam dan ucapan terima kasih dengan berlutut dan menyembah sudah dianggap kuno. Tidak pantas. Sebaliknya, di Korea, itu merupakan ungkapan penghormatan paling tinggi. 

Sudah pasti, gestur itu menuai reaksi yang berbeda dari fans Tiongkok dan Korea. Di Korea, Yiren dihujat habis-habisan. ’’Semua ini menunjukkan bahwa orang Tiongkok itu arogan dan tidak punya respek terhadap budaya lain,’’ kecam seorang netizen Korea di kolom komentar AllKPop. ’’Enggak usah nyari duit di sini. Pulang saja ke negaramu,’’ tukas yang lain. 

Sebaliknya, warganet Negeri Panda mengapresiasi sikap Yiren. ’’Orang Tiongkok enggak berlutut,’’ tulis seorang user Weibo. ’’Aku bangga pada idol Korea yang masih menjaga tradisi Tiongkok,’’ tulis yang lain. Hashtag ’’Wang Yiren, orang Tiongkok tidak berlutut’’ langsung trending sejak pekan lalu. 

Pertanyaannya, apakah kepergian Yiren ini permanen? Apakah gadis 21 tahun itu meninggalkan Everglow selamanya?

Well, Senin lalu, Yuehua Entertainment merilis pernyataan bahwa kepergian dia hanya sementara. Menurut agensi, Yiren perlu pulang untuk menjenguk keluarga dan mengurus studi.

’’Yiren harus pergi ke Tiongkok mulai pertengahan Januari sampai akhir Februari untuk mengejar gelar sarjana. Sehingga dia harus beristirahat dari aktivitas di Everglow,’’ ungkap juru bicara Everglow, seperti dikutip South China Morning Post. ’’Dia juga sudah kangen berat dengan keluarganya. Yang sudah lama tidak dia temui karena Covid-19,’’ lanjutnya.

Sementara itu, Everglow akan terus melanjutkan aktivitas domestik dengan lima member. Yakni Sihyeon, Onda, E:U, Mia, dan Aisha. Jadwal mereka tidak terganggu oleh absennya Yiren. Mari kita tunggu akhir Februari. Apakah Yiren kembali ke Everglow… (Retna Christa)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: