Ivan Gunawan Dicatut Penipuan Lewat Facebook

Ivan Gunawan Dicatut Penipuan Lewat Facebook

Enggak pernah melakukan siaran langsung di akun media sosial Facebook, tahu-tahu Ivan Gunawan dicatut. Nama dan fotonya dipakai sembarangan oleh orang tak bertanggung jawab untuk modus penipuan.

Dalam akun media sosial Faceook abal-abal itu, Ivan Gunawan seolah sedang melakukan siaran langsung. Nama dan fotonya digunakan oleh pemilik akun Facebook yang menamakan dirinya dengan Ivan Gunawan Suprais.

Padahal jelas itu bukan akun milik Ivan Gunawan. Ivan Gunawan memastikan kalau itu bukan akun Facebook miliknya. Selain itu, video lawasnya juga digunakan seolah-olah Ivan Gunawan sedang melakukan siaran langsung di akun tersebut.

Dalam keterangan siaran langsung tersebut pemilik akun menjanjikan akan memberikan hadiah berupa uang tunai juataan rupiah alias giveaway.

Begitu mengetahuinya, Ivan Gunawan meminta masyarakat untuk berhati-hati agar tidak menjadi korban. ”Hati hati ini penipuan... saya tidak pernah melakukan live facebook ... logika nya kalo kalian folowers saya ... kalian pasti bisa tau itu saya apa bukan.” Demikian tulis Ivan Gunawan di Instagramnya.

Ivan Gunawan meminta pengikutnya di Instagram untuk menyebarkan informasi bahwa akun tersebut adalah penipu agar tidak banyak memakan korban. ”Tolong bantu sebarkan supaya tidak menambah korban," tulis Ivan Gunawan di kolom komentar.

Untuk semakin meyakinkan pengikutnya bahwa itu bukan dia, Ivan Gunawan sampai membuat video baru untuk menunjukkan perbedaan wajah dan rambutnya saat ini dengan video di siaran langsung Facebook tersebut. Rambut Ivan Gunawan saat ini berwarna hitam, tidak seperti di siaran langsung Facebook berwarna putih.

”Perhatikan warna rambut saya, perhatikan bentuk wajah saya, kalau sampai saat ini ada yang live di Facebook mengatasnamakan saya, jelas tidak mungkin karena bentuk rambut dan wajah saya berbeda. Ayo guys be smart, aku tahu kalian semua butuh uang tapi hati-hati penipuan,” kata Ivan Gunawan di Instagram Story.

Ternyata, banyak pengikut Instagramnya yang pernah menyaksikan dan percaya kalau Ivan Gunawan melakukan siaran langsung di Facebook. Namun, ada juga yang sudah mengetahui kalau itu modus penipuan dari orang yang tidak bertanggung jawab.

”Tak kira itu betul kak igun sayah suka ikut jawab,” tulis @my_***. "Banyak di Facebook seliweran kak igun bagi bagi hadiah live katanya...dengan cara share postingannya," tulis @yus***. ”Di Facebook sering saya lihat, tapi saya lewati karena saya yakin itu penipuan,” tulis @uch***.

Ini bukan pertama kalinya figur publik dicatut untuk modus penipuan seperti yang menimpa Ivan Gunawan. Sejumlah artis lainnya pernah mengalami kejadian serupa. Sebut saja Baim Wong, Raffi Ahmad, Soimah, dan Inul Daratista.

”Ini mah sering banget live pakai wajah kak igun, mba Inul dan mba soimah,” tulis @ika***. ”Ngga cuma kakak di Facebook juga ada baim wong, ustadzah oki, prilly semua lah kakak,” tulis @tri***. "Ea sering banget live...Pake wajah kak igun, ma so Imah sama bunda Inul,” tulis @nur***. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: