Giliran Gelandang Muda Persebaya Akbar Firmansyah Dipanggil Timnas AFF U-23

Giliran Gelandang Muda Persebaya Akbar Firmansyah Dipanggil Timnas AFF U-23

TAHUN ini timnas sepak bola Indonesia benar-benar panen pemain dari Persebaya. Dan, deretan pemain Persebaya yang dipanggil timnas kini bertambah. Kali ini nama Akbar Firmansyah mendapatkan panggilan untuk mengikuti training center (TC) Timnas AFF U-23. Shin Tae-yong telah mengirim panggilan buat arek Genteng, Surabaya, tersebut.

Akbar dipanggil masuk pemusatan latihan Timnas U-23 yang disiapkan terjun di Piala AFF U-23. Turnamen itu bakal digelar di Kamboja. Akbar pun akan meninggalkan Persebaya pada 8–28 Februari 2022. PSSI sudah menghubungi Akbar untuk diminta membuat paspor guna kelengkapan registrasi.

”Saya sudah dihubungi PSSI. Suruh buat paspor,” ujar Akbar Firmansyah. ”Katanya, surat panggilan nanti menyusul,” lanjutnya.

Sekretaris Persebaya Ram Surahman membenarkan adanya kabar itu. Akbar, katanya, sudah berkomunikasi dengan manajemen. Hanya, sejauh ini surat panggilan masih belum diterima Persebaya. ”Surat resminya belum, mungkin setelah ini disusulkan,” jelasnya.

Dilihat dari batas usia, sepertinya panggilan itu tak hanya diterima Akbar Firmansyah. Beberapa nama yang selama ini menjadi langganan timnas diprediksi juga dipanggil Shin Tae-yong. Yakni, Ernando Ari Sutaryadi, Rachmat Irianto, Rizky Ridho, dan Marselino Ferdinan. Empat pemain tersebut saat ini berada di timnas senior untuk menjalani uji coba lawan Timor Leste di Bali. Selain empat nama itu, juga ada Ricky Kambuaya.

Akbar Firmansyah memulai debut profesional pada Selasa, 23 Maret 2021. Hari itu Persebaya melawan Persik Kediri di fase grup C Piala Menpora. Akbar masuk di babak kedua, menggantikan Supriadi.

Kala itu debut dilalui Akbar dengan sukses. Permainannya tidak canggung dan bisa langsung menyatu dengan tim. Berikutnya, Aji Santoso memberikan kepercayaan lebih. Menurunkan Akbar pada pertandingan resmi Liga 1. Salah satu yang menyita perhatian adalah saat Akbar diturunkan pada laga bigmatch lawan Persija. Saat itu Persebaya berhasil menang 1-0. Dari 20 pertandingan yang telah dijalani Persebaya, ia sudah tampil delapan kali. Baik sebagai starter maupun pengganti. 

Kesempatan bermain itu membuatnya makin matang. Baik secara mental maupun permainan. Kendati belum menyumbang gol, penampilan Akbar Firmansyah terus menunjukkan perkembangan pesat. Sampai kemudian, pemanggilan dari Timnas U-23 pun didapat. (Gunawan Sutanto)

Baca juga: Setelah Akbar Firmansyah, Aji Santoso Ingin Orbitkan Dicky Kurniawan ke Timnas

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: