Mobilman.id Gaet Mitra dengan Artificial Intelligence

Mobilman.id Gaet Mitra dengan Artificial Intelligence

Dulu orang menghubungi calo untuk beli mobil bekas. Penjualan dilakukan dari omongan orang, mulut ke mulut. Setelah deal, calo dapat komisi. Lalu berkembang ke iklan mobil bekas di koran dan media online.

Kini start-up market place mobil bekas mobilman.id hadir dengan cara baru: pakai Artificial Intelligence (AI). Ada tombol “Cariin Mobil” yang memudahkan transaksi.

CEO (Chief Executive Officer) Mobilman.id Danang Wikanto mengatakan penjual dan pembeli tidak dipungut biaya dari laman itu. “Sebab kami publisher. Bukan calo,” ujarnya Minggu (30/1).

Dengan tombol “Cariin Mobil” keinginan calon pembeli mobil seken, ada semua: Mereknya, model, tahun, harga, lokasi kota penjual. Muncul rekomendasi yang diinginkan pembeli karena laman telah menggunakan teknologi AI.

Tahun ini mobilman.id digandeng Kompas Gramedia. Dalam kerjasama iklan. Mobilman.id jadi kepanjangan tangan Kompas Gramedia untuk iklan mobil seken.

 

Bermula dari YouTuber

Danang adalah founder sekaligus CEO mobilman.id. Karirnya di bidang otomotif diawali dengan  menjadi YouTuber. Nama channel: DWA Project. Khusus mobil merek BMW.

Ia ahli tentang mobil BMW berbagai model. Di DWA Project, ia melakukan review aneka BMW. Channel hidup. Digemari para pecinta BMW. Karena jadi jembatan antara penjual dengan peminat.

Akhirnya, dia menciptakan sendiri marketplace yang menyediakan layanan jual dan beli mobil bekas. Kerja sama dengan tim IT yang andal. Marketplace tersebutlah yang kemudian menjadi mobilman.id.

Dalam memperluas pangsa pasarnya, mobilman.id tidak melakukan promosi besar-besaran dengan membakar uang, melainkan dengan aktif di media sosial dan forum-forum otomotif.

“Kunci agar perusahaan rintisan dapat bertahan dalam segala kondisi adalah dengan menekan pengeluaran,” ujar Danang.

Sejak diluncurkan Februari 2021, laman mobilman.id telah dikunjungi 63.000 orang. Tingkat visibilitas mobil yang diiklankan pengguna di laman, cukup tinggi. Rata-rata, terdapat lebih dari 11.000 iklan mobil aktif.

Selain menghadirkan market place mobil bekas, laman Mobilman.id juga menyediakan artikel dan video ulasan mobil. Danang juga mengembangkan usahanya itu melalui aplikasi di Play Store dan APP Store.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: