Update Covid-19 Liga 1: Persib vs PSM Ditunda, Persebaya vs PSIS Lanjut

Update Covid-19 Liga 1: Persib vs PSM Ditunda, Persebaya vs PSIS Lanjut

Badai Omicron membuat jalannya Kompetisi Liga 1 tersendat. Kali ini, giliran pertandingan Persib vs PSM Makassar yang harus ditunda. Sedianya, pertandingan itu digelar malam ini pukul 18.15 WIB. Sebelumnya, pertandingan Madura United vs Persipura,  Selasa (1/2) juga ditunda karena Covid-19.

Keputusan penundaan diambil pada emergency meeting, Rabu siang (2/2). Pertemuan darurat ini digelar atas permintaan Persib Bandung, menyusul badai Omicron yang menerjang mereka.

Sempat dilakukan tes usap lagi ke tim Persib. Hasilnya, hanya 13 pemain yang dinyatakan negatif. Alhasil, sesuai regulasi pertandingan tidak bisa digelar karena minimal harus ada 14 pemain untuk bisa menjalani pertandingan.

Sementara itu, Persebaya juga mengalami badai serupa. Bedanya, Ada 19 pemain Persebaya yang dinyatakan positif Covid-19. Bedanya, laga Persebaya tidak bisa ditunda. Sebab Persebaya masih memiliki 15 pemain yang bisa dimainkan lawan PSIS Semarang malam nanti (2/2).

Persebaya menyebut semua pemainnya yang positif Covid-19 semuanya tidak menunjukkan gejala.

”Melawan PSIS Persebaya akan bermain dengan 15 pemain dikarenakan skuad yang harus menjalani karantina bertambah. Kami akan berjuang keras meraih hasil maksimal dengan komposisi yang ada ini,” kata Candra Wahyudi, manajer tim Persebaya.

Sejumlah pemain Persebaya dinyatakan positif Covid-19 setelah menjalani tes swab PCR kemarin, H-1 jelang pertandingan. Kemarin, Persebaya sempat mengajukan penundaan jadwal. Hal itu disebabkan, dari tes swab PCR tersebut, yang tersisa hanya 13 pemain. Sesuai Regulasi BRI Liga 1 2021/2022, pasal 52 angka 7 disebutkan jika satu tim pemainnya kurang dari 14, maka laga ditunda.

”Kami siap main meski kondisinya sangat minim pemain seperti ini. Risiko situasi seperti ini, kita sadari sejak awal ketika liga berjalan di tengah pandemi. Dalam kondisi extra ordinary,” papar Candra.(Gunawan Sutanto)

 

Sumber: