Jadi Partner Pegadaian, Keuntungan 100 Persen

Jadi Partner Pegadaian, Keuntungan 100 Persen

BEGITU banyak variasi produk yang dimiliki PT Pegadaian saat ini. Direktur Utama Pegadaian Kuswiyoto melihat banyak potensi yang bisa dikembangkan oleh perusahaan yang dipimpinnya sejak 2019 itu . Omzet sebelum pandemi yang mencapai Rp 124 triliun saat ini bisa dikembangkan menjadi Rp 165 triliun.

”Laba kami Rp 2,5 triliun,” ujar Kuswiyoto dalam Intimate Dinner Pegadaian 2022 di DoubleTree by Hilton Hotel Surabaya, Senin (7/2/2022) malam. Keuntungan tidak dipatok besar karena pegadaian ingin meringankan nasabahnya. Terutama para pengusaha UMKM.

DIRUT Pegadaian Kuswiyoto (kiri) memberikan hadiah emas kepada tamu VIP yang beruntung. (Boy Slamet-Harian Disway)

Pegadaian memiliki program gadai harian dengan jaminan emas, kendaraan atau barang elektronik. Perhitungan sewa modal hariannya cuma Rp 555 per 1 juta. Program ini, kata Kuswiyoto, banyak membantu pengusaha yang butuh modal selama pandemi. ”Misalnya tukang bakso pinjam modal sejuta. Sewa modalnya cuma Rp 555 sehari. Itu setara harga seperempat pentolnya,” gurau mantan direktur corporate banking Bank BRI itu.

Kuswiyoto juga mengenalkan program diskon Rp 50 ribu untuk setiap pembelian 1 gram emas. Dengan syarat pembelian minimal 100 gram. Artinya pembeli bisa mendapat diskon sebesar Rp 50 juta saat membeli sekilo emas.

Ada satu produk baru yang dipaparkan Kuswiyoto malam ini. Yakni joint financing. Pegadaian membuka kesempatan kepada pengusaha untuk menjadi mitra pegadaian. Bahkan program itu menawarkan pengembalian modal 100 persen. 

Tokoh Bisnis Berpengaruh-MAW Talk Awards (MTA) 2021 itu mencontohkan, untuk pinjaman Rp 100 juta, partner Pegadaian hanya perlu setor modal Rp 20 juta. Sisanya, Rp 80 juta disediakan Pegadaian. Dengan asumsi bunga 3 persen per bulan, keuntungan yang diperoleh adalah Rp 36 juta. Keuntungan itu dibagi dua: Rp 16 juta untuk Pegadaian dan Rp 20 juta untuk mitra. ”Jadi modal yang dikeluarkan mitra tadi kembali 100 persen,” kata Kuswiyoto. 

BISIK-BISIK Dahlan Iskan, Tung Desem Waringin, dan Soekarwo.

Motivator Tung Desem Waringin yang tampil malam itu memaparkan banyak keuntungan berinvestasi emas. Ia sudah lama bermain emas. Malam itu, Tung menampilkan kuitansi pembelian emas pada Januari 2007. Harga emas masih Rp 191 ribu per gram. Setahun kemudian naik jadi Rp 262 ribu per gram. ”Hari saya tanya harga jualnya sudah Rp 963 ribu per gram,” katanya.

Emas yang diinvestasikan 15 tahun lalu berkembang cepat. Yang awalnya cuma dibeli dengan harga Rp 191 juta, kini nilainya sudah hampir Rp 1 miliar.

Ia juga tidak menyarankan investasi emas secara konvensional. Beli emas lalu disimpan di rumah. ”Apa tidak takut dirampok?” katanya penulis buku best seller Financial Revolution itu. 

PENGUSAHA properti Teguh Kinarto (dua dari kiri) dan Dahlan Iskan (tiga dari kiri)

Emas bisa juga diinvestasikan di Safe Deposit Box (SDB). Namun Tung Dasem mengingatkan kasus di Tiongkok yang terungkap tahun lalu. Perusahaan pemroses emas swasta raksasa Tiongkok terbukti memalsukan 83 ton emas batangan yang digunakan sebagai agunan pinjaman senilai RMB 16 miliar atau setara Rp 32,47 triliun. ”Jadi tidak usah kemana-mana lah. Ke Pegadaian saja,” ujarnya. 

Dalam acara Intimate Dinner itu, Pegadaian dibantu pengusaha properti Teguh Kinarto untuk mengundang tokoh-tokoh besar di Surabaya. Sebagian besar pengusaha. Hadir malam itu antara lain Founder Harian Diswayt Dahlan Iskan, Anggota Wantimpres Soekarwo, Owner Satoria Alim Satria, Owner Internasional Optik Linggarjanto Budi Oetomo, dan Dirut Semen Gresik Subhan. Malam itu terjadi transaksi pembelian emas ke Pegadaian hingga puluhan kilogram. (Salman Muhiddin) 

YUNI Shara mengajak bernyanyi Lianawati Harsono (kiri) dan Nafsiah Sabri Dahlan Iskan.


PENAMPILAN Yuni Shara di acara Intimate Dinner di DoubleTree Hotel by Hilton, Surabaya (7/2/2022). 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: