Motivasi Sastra dari D. Zawawi Imron

Motivasi Sastra dari D. Zawawi Imron

"IZINKAN aku mencium sebutir debu di ujung sepatumu," ujar penyair D. Zawawi Imron mencontohkan begitu indahnya bahasa sastra digunakan untuk mengungkapkan perasaan cinta. Budayawan yang dijuluki Si Celurit Emas itu kemarin menjadi pembicara dalam Seminar Sastra memperingati Hari Pers Nasional yang diadakan Lembaga pers Mahasiswa (LPM) Akses Universitas Sunan Giri, Surabaya.

Di usianya yang sudah 79 tahun, Zawawi tampil penuh semangat. Beberapa kali ia membacakan penggalan bait puisi-puisi karyanya. Termasuk puisi berjudul Ibu yang mengaduk-aduk hati para peserta seminar.

Penerima The S.E.A Write Award dari Kerajaan Thailand itu memotivasi para mahasiswa untuk menulis sastra. "Sekarang ini banyak orang marah-marah tapi tidak ada isinya. Itu karena tidak memakai sastra," kata pengarang puisi berjudul Bulan Tertusuk Ilalang itu.

Ia menyarankan mahasiswa untuk menulis puisi. Tidak harus langsung dipublikasikan. Terus diperbaiki dan disimpan saja. Mungkin empat atau lima tahun kemudian puisi itu menjadi lebih bermakna dan layak dipublikasikan.

Inspirasi menulis puisi juga bisa dari mana saja. Ia pernah menulis puisi tentang cinta tanah air dengan mengambil inspirasi seorang gadis Ambon. Menurutnya, seseorang akan lebih dikenang karena karya tulisnya. "Siapa bisa melupakan Chairil Anwar. Suatu hari ini orang akan mengenang Dahlan Iskan karena tulisan-tulisannya yang mencerahkan," kata Zawawi.

Suatu hari, kata Zawawi, ia ditanya, dari seluruh karya puisinya mana yang terbaik. Jawabannya cukup mengejutkan. "Puisi terbaik saya adalah yang belum saya tulis," kata budayawan asal Sumenep, Madura itu.

Seminar itu juga menghadirkan penulis Ihdina Sabili dan Direktur Utama Harian Disway Tomy C. Gutomo. Selain untuk memperingati Hari Pers Nasional, seminar tersebut juga untuk memperingati hari lahir LPM Akses Unsuri. (tom)  

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: