Eh, Ada "Bukit Teletubbies" Mini di Surabaya Barat

Eh, Ada

Selama ini, kita mengenal Bukit Teletubbies di lereng Gunung Bromo. Hamparan rumput luas nan dengan gundukan-gundukan bukit. Mirip rumah Teletubbies, di serial edukasi era 2000an, yang cantik. Namun, ternyata Surabaya juga punya ''Bukit Teletubbies''. Yakni di Taman Tahura Jeruk, Menganti.

 

TAMAN TAHURA JERUK berada di jalan Raya Menganti Jeruk, Kecamatan Lakarsantri, Surabaya. Lebih akrab disebut Taman Jeruk. Ia menjadi tempat bermain sekaligus berolahraga dan piknik yang belum terlalu ramai pengunjung. Berada di sebelah Puskesmas Jeruk, taman ini menjadi destinasi baru bagi anak-anak dan orang tuanya.

Tidak hanya berfungsi sebagai lahan terbuka hijau. Tapi taman ini benar-benar bisa jadi pusat aktivitas yang murah dan mudah. Ada playground buat anak-anak bebas bermain dan berlarian. Juga ada kandang besar berisi aneka burung. Tempat anak bisa mengenal dan belajar dunia satwa. Eh, ada juga untuk belajar dalam bercocok tanam dan berternak.

HAMPARAN padang rumput luas dengan gundukan bukit-bukit mungil bagaikan rumah Teletubbies di Taman Tahura Jeruk, Menganti. 

Para pengunjung mengakui bahwa konsep taman itu berbeda dengan taman lain di Kota Pahlawan. Yang ini lebih ramah anak. Banyak fasilitas yang bisa dimanfaatkan sebagai media pembelajaran. Tidak hanya asyik buat nongkrong sore-sore kaum muda saja. 

’’Dan yang lebih penting, taman ini enggak monoton. Fasilitasnya selalu ditambah. Banyak pengembangan baru,’’ papar Ana Susanti, salah seorang pengunjung yang ditemui Harian Disway Minggu lalu (6/3).

’’Sepengalaman saya, di Taman Tahura Jeruk ini anak-anak TK bisa belajar bercocok tanam dan berternak. Pokoknya asyik lah, buat anak-anak,’’ lanjut perempuan yang tinggal di kawasan Menganti tersebut.

Nah, buat anak-anak muda yang gemar berfoto, bukit Teletubbies bisa menjadi background yang menarik. Hamparan rumputnya menyejukkan mata. Dan kalau cuaca tidak terlalu panas, kita bisa menggelar tikar dan berpiknik di sana.

Di tengah-tengah lahan, terdapat danau buatan yang dilengkapi dermaga kayu. Tentu, itu menjadi salah satu spot favorit pengunjung. Baik untuk duduk-duduk atau sekadar berfoto.

DANAU di tengah taman yang memberi sensasi menyejukkan, terutama di hari yang terik. Dermaga-dermaga kayunya yang cantik sering jadi spot foto pengunjung.

Nah, agar bisa menikmatinya secara optimal, pagi dan sore menjadi waktu yang pas untuk berkunjung ke Taman Jeruk. Menghindari teriknya matahari Surabaya yang legendaris itu.

Tidak hanya seru buat anak-anak saja. Taman ini juga cocok untuk mereka yang hobi berolahraga. Taman Jeruk memiliki fasilitas olahraga. Di sekeliling danau, terdapat jogging track. Bisa untuk lari-lari centil atau recovery run.

Usai bermain di Bukit Teletubbies dan berkeliling taman, paling cocok nyamil di beberapa kedai yang ada di dekat taman. Aneka minuman ringan, air mineral, dan jajanan yang dijual harganya relatif terjangkau.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: