WHO Prediksi Pandemi Berakhir Tahun Ini

WHO Prediksi Pandemi Berakhir Tahun Ini

Lalu bagaimana dengan orang-orang yang sudah tertular omicron? Mereka tetap boleh divaksin sesuai derajat keparahannya. Pasien dengan gejala berat baru diperbolehkan mendapat booster setelah 3 bulan sembuh. Sedangkan yang gejala ringan atau tanpa gejala bisa disuntik setelah 1 bulan sembuh.

Sifat vaksin booster tidak wajib. Makanya, pemerintah hanya mensyaratkan suntikan dosis kedua untuk penumpang moda transportasi darat, laut dan udara.

Andani juga mengatakan jumlah pasien omicron pada gelombang ketiga jauh lebih banyak ketimbang varian delta. Kekebalan alami pun tercipta lebih besar.

Pakar Mikrobiologi Universitas Andalas (Unand) Padang itu juga memprediksi akan lebih banyak negara yang berdamai dengan Covid-19. Sudah banyak negara Eropa yang tidak mewajibkan masker bagi warga yang berada di luar ruangan. Nonton bola juga boleh tanpa jarak.

Varian jenis baru juga bisa muncul lagi. Virus akan terus berkembang. Namun Andani meyakini situasinya tidak akan kacau lagi. Apalagi sudah muncul berbagai obat untuk penanganan Covid-19. “Sudah banyak yang tertular dan vaksinasi tinggi. Ya sudah. Tahun ini Covid-19 selesai menurut saya,” ujar inisiator metode pool test PCR  di awal pandemi itu. (Salman Muhiddin)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: