Terkonfirmasi, Sekuel Joker Sedang Digarap

Terkonfirmasi, Sekuel Joker Sedang Digarap

Joaquin Phoenix dalam film Joker.-Warner Bros.-

LOS ANGELES, HARIAN DISWAY – Ada kabar baru tentang sekuel Joker (2019). Sutradara Todd Phillips mengunggah dua foto ke akun Instagramnya. Unggahan itu mengonfirmasi kalau sekuel Joker sedang digarap. Phillips juga memperlihatkan kalau judul sekuel Joker adalah Folie a Deux.

Dalam unggahan itu Phillips memperlihatkan sampul naskah berwarna merah yang ditulis Phillips dan Scott Silver, kolaboratornya pada film pertama. Foto selanjutnya memperlihatkan Joaquin Phoenix, pemeran Joker, yang sedang membaca skenario. Warner Bros. belum memberikan pernyataan tentang ini. Jadi belum ada informasi lebih detail. 

Film Joker (2019) mengusung origin story, menceritakan awal mula bagaimana penjahat Gotham City yang ikonik ini menjadi sosok Joker. Awalnya pria yang punya nama asli Arthur Fleck itu adalah komedian paruh waktu yang harus berjuang untuk menghidupi dirinya. Hanya saja, terasa seperti tidak ada tempat untuk orang sepertinya di Gotham City. Fleck kerap di bully. Hingga akhirnya dia melakukan Tindakan kekerasan yang mengejutkan. 

Setelah dirilis, Joker menjadi film blockbuster. Pendapatannya globalnya lebih dari USD 1 miliar (sekitar Rp 24 T). Joker juga mendapatkan 12 nominasi Oscar termasuk untuk film terbaik, sutradara terbaik, dan skenario adaptasi terbaik. Joaquin Phoenix bahkan memenangkan Oscar untuk aktor terbaik sedangkan Hildur Guðnadóttir menang untuk musik skor orisinal terbaik.

Todd Phillips dan Scott Silver segera menemui Pimpinan Warner Bros. Film Toby Emmerich untuk membahas kemungkinan sekuel, segera setelah Joker rilis dan sukses di pasaran. Namun setelah itu tidak ada kabar lagi yang dibagikan. Apakah jadi ada sekuel atau tidak? Waktu kemudian berlalu hingga akhirnya Matt Reeves merilis The Batman dan sukses menjadi salah satu film berpendapatan terbesar global di era pandemi. 

Baik Joker (2019) maupun The Batman (2022) menunjukkan eksistensi dan kesuksesan mereka. Meski berasal dari universe yang sama, DC Comics, tapi dua film ini adalah dua produk berbeda. Bahkan Reeves pun memilih aktor lain yaitu Barry Keoghan untuk berperan sebagai Joker dalam peran cameo di The Batman

Phillips memang belum membagikan detail plot tentang sekuel ini. Tapi dari judulnya, mengundang spekulasi menarik. Diterjemahkan secara harfiah, folie a deux artinya kegilaan bersama.  Namun folie deux juga punya arti sebagai gangguan mental identik atau serupa yang bisa memengaruhi dua atau lebih individu. Biasanya, keluarga dekat.

Kata folie a deux bisa merujuk pada bagaimana kejahatan Arthur setelahnya di Gotham City. Sepertinya Phillips mempunyai interpretasinya sendiri tentang Joker dan partner kriminalnya yang tidak lain adalah Harley Quinn. Apakah mungkin di sekuel nanti Joker akan ditemani Harley Quinn? (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: variety