Indonesia Sumbang Rp 67,03 Miliar Untuk Pendapatan Top Gun: Maverick

Indonesia Sumbang Rp 67,03 Miliar Untuk Pendapatan Top Gun: Maverick

Top Gun: Maverick-Paramount Pictures-

LOS ANGELES, HARIAN DISWAY – Film Top Gun: Maverick sudah meraih penghasilan global sebanyak USD 583,4 juta atau sekitar Rp 8,4 triliun. Dari jumlah itu Indonesia menyumbang USD 4,6 juta atau Rp 67,03 miliar. 

Data tersebut dirilis oleh situs Box Office Mojo. Top Gun: Maverick tayang di Indonesia mulai 24 Mei. Minggu pertama setelah dirilis, film yang dibintangi Tom Cruise ini mampu memikat hati penonton Indonesia yang ingin bernostalgia dengan film pertamanya. Pendapatannya terkumpul USD 2,6 juta atau Rp 37,8 miliar. Lalu pekan kedua (1-5 Juni) pendapatannya turun jadi USD 2 juta atau Rp 29,13 miliar. 

Tidak heran kalau Indonesia dilihat sebagai pasar penting di Asia Tenggara oleh studio film Hollywood. Pendapatan yang bisa mereka kumpulkan dari penonton Indonesia besar. Bahkan untuk film Top Gun: Maverick ini, Indonesia mengungguli Singapura, Malaysia, dan Thailand. Secara global, saat ini posisi Top Gun: Maverick ada di peringkat 4 untuk film terlaris selama 2022.


Tom Cruise (kiri) dan Miles Teller, dua bintang utama Top Gun: Maverick-Instagram @topgunmovie-

BACA JUGA: Review Film Top Gun: Maverick, Film Paling Klise yang Nyaris Sempurna

Di Amerika, pendapatan pekan kedua film yang disutradarai oleh Joseph Kosinski ini juga melebihi ekspektasi. Tadinya pihak produser Paramount Pictures memperkirakan sekitar USD 86 juta tapi ternyata mereka berhasil mengumpulkan USD 90 juta. 

Jika dibandingkan dengan film laris Tom Cruise lainnya, pendapatan domestik Top Gun: Maverick sudah mencapai USD 295 juta (sekitar Rp 4,29 triliun) dalam 10 hari penayangan. Sudah menyalip War of The Worlds (2005) yang mampu mengumpulkan USD 243 juta dalam 10 hari. Kritikus menyebut pencapaian film sangat baik. Apalagi didapat oleh film yang tidak melibatkan pahlawan berkostum, mantra, dan mahluk dunia fantasi. 

Tampaknya Top Gun: Maverick bakal jadi calon film terlarisnya Tom Cruise. Kalau melihat ke belakang, Mission: Impossible – Fallout mengumpulkan USD 791 juta secara global pada 2018. Film itu menjadi filmnya Cruise yang terlaris sepanjang karirnya. Franchise Mission: Impossible memang seperti jadi signature buat aktor berusia 59 tahun itu. Sekuel-sekuelnya selalu sukses mengumpulkan dolar. Di bawah Fallout ada Mission: Impossible – Ghost Protocol (USD 695 juta), Mission: Impossible – Rogue Nation (USD 683 juta) lalu terakhir War of the Worlds (USD 603 juta). Mari kita tunggu, sejauh apa Top Gun: Maverick bisa menyalip mereka semua?(*) 

 

Sumber: boxofficemojo