Deal! Marselino Ferdinan Bertahan di Persebaya Musim Ini

Deal! Marselino Ferdinan Bertahan di Persebaya Musim Ini

Marselino Ferdinan (kanan) saat bermain untuk Persebaya musim lalu.--

SURABAYA, DISWAY - Marselino Ferdinan dipastikan bertahan di Persebaya musim ini. Kepastian itu didapat setelah manajemen Persebaya mencapai kesepakatan dengan sang pemain dan kedua orang tuanya.

Kesepakatan itu dibuat terkait dengan rencana Marsel –panggilan Marselino– yang akan berkarier ke Eropa. ”Marsel masih akan bersama dengan kami. Manajemen sudah mencapai kesepakatan baru dengan kedua orang tuanya,” ungkap pelatih Persebaya Aji Santoso.

Kepastian itu sekaligus menepis sederet spekulasi terkait masa depan wonderkid Persebaya itu. Bahkan, namanya sempat dikaitkan dengan PSIS Semarang. ”Kalau itu ngaco. Tidak mungkin Marsel gabung dengan klub Liga 1,” tegas Aji.

Sebetulnya, kata Aji, yang dinegosiasikan lebih pada rencana ke Eropa. Itu sesuai dengan klausul kontrak yang ditandatangani kedua pihak. Yakni, Marsel bisa pergi meninggalkan Persebaya sebelum masa kontrak habis. Dengan syarat, ia bergabung dengan klub Eropa, Jepang, atau Korea Selatan.

Di luar negara itu, Marsel tidak akan dilepas. ”Nah, kesepakatan yang tercapai kemarin terkait rencana ke Eropa itu. Saya juga intens berkomunikasi dengan agen yang akan membawanya ke Eropa. Kami satu visi, biar Marsel makin matang bersama kami untuk musim ini. Setelah itu, baru ke Eropa,” jelasnya.

Baca Juga: Seluruh Pemain Persebaya Disahkan LIB, Bisa Tampil Full Team di Piala Presiden 2022

Ayah Marsel, Philipus Wio Roja, membenarkan tercapainya kesepakatan tersebut. ”Benar. Marsel akan memperkuat Persebaya. Kami selaku orang tua menyampaikan terima kasih kepada Persebaya yang masih memberikan kesempatan,” jelasnya.

Saat ini sudah ada klub Eropa yang siap menampung Marsel. Kedua orang tua pun sudah setuju. Rencana awal, Marsel dan kedua orang tuanya bertolak ke Benua Biru itu pada Juli mendatang. Marsel sengaja datang lebih awal untuk proses adaptasi. 

Hanya, dengan segala pertimbangan, rencana tersebut diurungkan. ”Kalaupun sudah gabung tapi tidak bisa ngapa-ngapain. Paling hanya berlatih saja karena belum bisa didaftarkan. Soalnya umur Marsel belum memenuhi syarat,” jelasnya.

Aturan FIFA memang menyebutkan usia minimal pemain untuk bisa mendapatkan kontrak profesional ialah 18 tahun. Dan, angka itu baru dicapai Marsel pada 9 September mendatang. ”Jadi, kami putuskan di sini saja. Biar makin matang bersama Persebaya,” jelasnya. ”Setelah (cukup umur) baru ke Eropa,” pungkasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: harian disway