Socios Oke, Barca Selamat!

Socios Oke, Barca Selamat!

Barcelona musim mampu bangkit setelah merosot di awal musim. Elon Musk pasti tergiur-FC Barcelona-Instagram

BARCELONA selamat. Klub Catalan itu sebentar lagi bangkit dan bisa beroperasi normal seperti klub lain pada umumnya. Artinya, Barca bisa mendaftarkan bek eks Chelsea Andreas Cristensen. Barca juga bisa membeli striker Bayern Munich Robert Lewandowski.

Mayoritas socios (anggota dewan khusus) setuju klub tersebut melego sebagian lengan aset ritelnya yang disebut Barcelona Lincensing dan Merchandising (BLM) plus sebagian dari pendapatan hak siar TV di masa depan. Dengan demikian, Barca bisa merekrut pemain musim panas ini. Penjualan 49,9 persen BLM dipilih dengan 568 mendukung, 65 menentang, dan 13 abstain.

Penjualan hingga 25 persen hak siar TV selama 25 tahun mendapat lampu hijau dari 494 anggota socios, dengan 62 menentang dan 13 abstain.

Presiden Barca Joan Laporta mengatakan, kesepakatan itu bisa meningkatkan pendapatan Barcelona 512598 juta pounds. Laporta sempat berkata kepada anggota sebelum pemungutan suara.

”Barca adalah mobil Formula 1 tanpa bahan bakar dan mesin yang rusak. Kami perlu melakukan ini karena kami telah mengalami kerugian selama bertahun-tahun. Kami mewarisi situasi yang sangat sulit,” kata presiden yang baru setahun bekerja itu.

Jika kesepakatan mendapatkan 512 juta pounds terealisasi, uang itu akan menaikkan batas gaji klub dari minus 123 juta pounds (seperti saat ini berdiri). Dengan demikian, neraca keuangan Barca menjadi 389 juta pounds. 

Yang jadi soal, Barca harus membayar tagihan gaji rutin 478 juta pounds. Dengan demikian, Barca akan tetap terjebak aturan 4:1. Aturan itu mewajibkan Barca membelanjakan hanya seperempat dari pendapatan yang mereka hasilkan. Satu-satunya cara adalah mengurangi gaji.

Semua kompak bisa menjalani pengurangan gaji itu. Jika Barca berhasil mendatangkan 598 juta pounds dengan dua pengungkit keuangan, itu berarti mereka dapat beroperasi seperti halnya klub lain.

Laporta menyalahkan dewan sebelumnya. ”Saya tidak ingin terus melihat ke belakang. Penting untuk mendapat untung karena jika kita terus merugi, pesaing kita melihat kita lemah. Dan bukan hanya mereka, tetapi orang-orang yang memiliki kekuasaan di badan pengatur secara sistematis dan obsesif menghalangi jalan kita,” sebut Laporta seperti dikutip El Mundo Deportivo.

Barcelona memiliki 4.478 anggota socios senior yang berhak memberikan suara. Semula pertemuan itu tertunda karena jumlah yang menghadiri pertemuan tersebut tidak mencukupi. Namun, pukul 18.55 waktu setempat, ada 636 anggota terakreditasi yang hadir atau online. Pemungutan suara pun bisa dilakukan.

Setelah meyakinkan anggota klub, Barcelona sekarang harus membuat kesepakatan sebelum akhir bulan ini. Mereka berharap, ditambah dengan pengurangan tagihan gaji, Barca bisa beroperasi secara normal di pasar transfer.

Sebelum pemungutan suara, anggota diberi kesempatan untuk berbicara atau bertanya. Mantan agen Jose Maria Minguella yang terlibat dalam penandatanganan awal Lionel Messi mengeluhkan kebijakan manajemen yang membuat klub sekarat seperti sekarang. Ia tidak setuju Barca merekrut Lewandowski.

”Saya memperingatkan tentang manajemen olahraga yang mengerikan yang kami derita ketika klub melemparkan uang ke Philippe Coutinho, Ousmane Dembele, dan Antoine Griezmann. Saya ingin memperingatkan sekarang bahwa penandatanganan adalah kuncinya, ungkapnya.

”Tidak semua orang bisa merekrut pemain. Dari menandatangani baik atau buruk Anda berhasil atau Anda bangkrut. Anda tidak perlu pintar untuk mengontrak Robert Lewandowski sekarang, tetapi Anda harus mengontraknya ketika ia baru berusia 22 tahun,” tambahnya.

Lewandowski akan menjadi target sekarang. Bayern Munich meminta bayaran 34 juta pounds. Sistem pembayarannya harus dilunasi secara langsung. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: