Proof Debut No.1 Billboard Top 200, Penjualan Pekan Ini Tertinggi di AS

Proof Debut No.1 Billboard Top 200, Penjualan Pekan Ini Tertinggi di AS

BTS merilis album Proof-Big Hit Entertainment-

LOS ANGELES, HARIAN DISWAY – Album baru BTS Proof debut di No.1 Billboard Top 200. Billboard baru saja mengumumkannya pada Minggu, 19 Juni 2022 waktu setempat. 

Billboard Top 200 adalah chart lagu bergengsi yang dimiliki Billboard. Peringkat di chart tersebut dijadikan patokan oleh musisi dunia untuk penjualan album mereka di Amerika Serikat. Sebab, parameter yang digunakan adalah jumlah penjualan album di Amerika per minggu. Semakin banyak album terjual, maka peringkatnya semakin naik. Nah, Proof ada di peringkat pertama sekarang. 

Meskipun album antologi itu tidak semua berisi lagu baru, nyatanya hal itu tidak membuat antusiasme penggemar BTS lemah. Bahkan pekan ini Proof mencapai penjualan album terbesar oleh grup sepanjang 2022. Secara keseluruhan, Proof ada di posisi kedua terbesar setelah pencapaian penjualan album Harry Styles, Harry’s House.

Berdasarkan laporan data Luminate (dulu MRC Data, red), Proof memperoleh angka penjualan setara 314.000 unit per 16 Juni. Detailnya, album baru BTS ini terjual 266 ribu secara tradisional alias album fisik, 12 ribu unit track equivalent album (TEA) dan 36 ribu streaming equivalent album (SEA) yang diartikan menjadi 52,84 juta streaming audio berdasarkan permintaan di pekan pertama perilisan. 


BTS dalam klip Yet to Come yang sudah tembus 100 juta view per 20 Juni 2022.-tangkapan layar YouTube HYBE LABEL-

BACA JUGA: Perlu Recharge, BTS Umumkan Istirahat Sebagai Grup dan Fokus Proyek Solo

Penjualan album fisik Proof sudah melebihi 259 ribu unit, menjadikannya angka penjualan mingguan terbesar di Amerika Serikat untuk album dalam CD sejak album milik Adele, 30. Kala itu album Adele terjual 378 ribu CD pada pekan pertama. 

Namun yang menjadi perhatian, jumlah penjualan album antara BTS dan Adele memiliki nilai yang berbeda. Sebab album Adele waktu itu dijual dalam dua versi seharga USD 11,98 dan USD 13,98. Sementara album BTS Proof, juga ada dua versi, tapi harganya jauh lebih tinggi yaitu USD 24 dan USD 70. Ditambah lagi, ini bukan kali pertama BTS nangkring di top chart Billboard Top 200. Ini adalah album mereka yang keenam, yang berhasil masuk ke peringkat penjualan album Billboard itu. Pencapaian teranyar ini menjadikan BTS sebagai artis Korea pertama yang berhasil membawa enam albumnya ke puncak chat Billboard Top 200.

Tidak hanya itu, idol group yang baru mengumumkan hiatus dari aktivitas sebagai grup dan fokus mengerjakan proyek solo ini juga punya pencapaian lain. Klip video single baru mereka, Yet to Come (The Most Beautiful Moment), melampaui angka 100 juta view di YouTube hari ini, Minggu, 20 Juni 2022 waktu Korea. Yet to Come rilis pada 10 Juni 2022 jam 1 siang waktu Korea. Dalam Sembilan hari, 16 jam, dan 17 menit, klip tersebut tembus 100 juta penayangan.(*)  

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: billboard