Cheng Yu Pilihan Perancang Busana Anne Avantie: Cun Yin Shi Jing

Cheng Yu Pilihan Perancang Busana Anne Avantie: Cun Yin Shi Jing

Cheng Yu Anne Avantie-SUB-

ANNE AVANTIE memang bukan lulusan perguruan tinggi. Sekolahnyi hanya sampai SMP. Bahasa asingnyi pun tidak fasih. Tapi jangan ditanya keterkenalan dan keharuman namanyi: sundul langit betul. Busana rancangannyi masyhur di mana-mana. Dari Indonesia hingga mancanegara. Dipakai oleh para pesohor top dunia.

Apa kunci suksesnyi?

Perempuan kelahiran Semarang itu bilang: menghargai waktu. Menurutnyi, setiap orang sebenarnya punya kesempatan yang sama. Namun, tidak semua bisa memanfaatkan kesempatan yang ada sebaik-baiknya.

"Kenapa saya bisa? Tentu ada detik-detik yang saya maknai untuk berubah jauh lebih baik daripada yang lain," kata Avantie dalam acara diskusi Jateng Punya Apa? yang dihelat detik.com, 5 Februari 2022. 

BACA JUGA:Cheng Yu Pilihan Pengamat Penerbangan Alvin Lie: Yi Si Bu Gou

Avantie pasti paham sekali ungkapan “一寸光阴一寸金,寸金难买寸光阴” (yī cùn guāngyīn yī cùn jīn, cùn jīn nán mǎi cùn guāngyīn). Yang artinya: waktu sesaat bagaikan sepotong emas, tetapi sepotong emas tidak bisa membeli waktu sesaat. 

Makanya, “寸阴是竞” (cùn yīn shì jìng): waktu sesaat harus diperjuangkan. Demikian sejarawan Zhou Xingsi 周兴嗣 (469-521) menegaskan dalam Qianzi Wen (千字文), prosanya yang terus dikaji hingga kini. 

Pasalnya, kata Pangeran Liu An 刘安 (179-122 SM) dalam kitab Huainanzi (淮南子), “Orang-orang suci zaman dahulu tidaklah mementingkan barang mewah. Yang mereka hargai adalah waktu. Sebab sulit diraih, gampang berlalu” (圣人不贵尺之璧,而重寸之阴,时难得而易失也 shèng rén bù guì chǐ zhī bì, ér zhòng cùn zhī yīn, shí nán dé ér yì shī yě).

Tak heran bila Avantie mewanti-wanti untuk tidak menyia-nyiakan waktu. Karena, menurutnyi, “Kita tidak tahu kapan waktunya Tuhan. Maka sekarang adalah waktu yang tepat. Untuk menggunakan waktu sebaik mungkin.” 

Intinya, lanjut Avantie, “Jangan semua ditanggapi dengan, ’Nanti tunggu waktunya aja’. Ya kalau kamu masih diberi waktu. Kalau sudah enggak diberi waktu? Kamu akan kecewa dan menyesal seumur hidup.” (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: