Jokowi Bertemu Zelenskyy Pakai Kemeja, Bertemu Putin Pakai Jas

Jokowi Bertemu Zelenskyy Pakai Kemeja, Bertemu Putin Pakai Jas

Jokowi bertemu Presiden Rusia Vladimir Putin di Istana Kremlin, Kamis 30 Juni 2022. Foto kanan, Jokowi saat bertemu Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy di Kiev, Rabu, 29 Juni 2022. -Mikhail Klimentyev-Sputik-AFP dan Ukraine Presidential Press Service-

PRESIDEN Jokowi melanjutkan misi perdamaiannya ke Moscow, Rusia. Kamis, 30 Juni 2022, pukul 11.00 waktu setempat, Jokowi dan Ibu Negara, Iriana, mendarat di Bandara Vnukovo II, menggunakan pesawat kepresidenan GIA-1. Selain akan menyampaikan undangan untuk menghadiri KTT G20 di Bali, Jokowi akan meminta Presiden Rusia Vladimir Putin menghentikan serangannya ke Ukraina. 

Di bandara, Jokowi disambut Kepala Protokol Negara Federasi Rusia Igor Viktorovich Bogdashev dan Wakil Menteri Luar Negeri Federasi Rusia Mikhail Bogdanov. "Cuaca cerah menyambut kedatangan saya," kata Jokowi.

Dari bandara, Jokowi menuju Four Seasons Hotel, tempat transit sebelum menuju Kremlin untuk bertemu Putin. Dalam kunjungan itu, Jokowi didampingi Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Jokowi tidak lama beristirahat di hotel. Siang itu juga ia berangkat ke Istana Kremlin untuk menemui Putih. Jokowi kali ini mengenakan setelan jas lengkap. Berbeda dengan saat bertemu Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy di Kiev. Saat itu, Jokowi menanggalkan jas. Hanya memakai kemeja putih tanpa dasi dipadu celana panjang hitam. 

Dalam pertemuan itu, Jokowi menyampaikan pesan Zelenskyy agar Rusia menghentikan perang. Setelah bertemu empat mata, kedua pemimpin juga mengadakan konferensi pers di Istana Kremlin. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: