Catatan Ikut Kampus Merdeka di Aiola Eatery

Catatan Ikut Kampus Merdeka di Aiola Eatery

Dwi Ananda dan Annisa Indira (tengah) menjadi talent untuk pembuatan konten acara ulang tahun Aiola Canteen MERR, Surabaya.-Dwi Ananda-

Selama tiga bulan lebih saya bergabung dengan tim konten kreator Aiola Eatery Surabaya. Itu adalah pusat kuliner terkemuka di Surabaya. 

Pengalaman bekerja itu merupakan implementasi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka  (PMB-KM) dari  Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya (Untag). Ternyata, ada banyak sekali pelajaran yang bisa diambil dari luar kampus.

Ada dua orang yang ditugaskan dari Jurusan Komunikasi Untag. Kami dalam bimbingan Mohammad Insan Romadhan S.I.Kom. M.Med.Kom.


Made memotret menu makanan yang akan ditampikan untuk tampilan menu manypany yang terbaru.-Dwi Ananda-

Perjalanan PMB-KM kami dimulai 1 Maret 2022 dan berakhir 17 Juni 2022 lalu.

Selama lebih dari tiga bulan kami mempelajari dan dilipatkan dalam penyusunan strategi marketing berbasis media online Aiola.

Ya, hidup di era digital pada masa revolusi industri 4.0 menuntut segala bentuk pekerjaan dan produksi berbasis internet. Semua serba cepat dan praktis.

Aiola yang dikelola anak-anak muda Surabaya sangat menyadari tuntutan itu. Dengan terus berkembangnya zaman, maka berkembang pula strategi-strategi dalam memasarkan suatu produk atau jasa.

Tim konten kreator  menjadi salah salah satu ujung tombak pemasaran. Mengapa mereka panting? Konten kreator bertugas untuk merealisasikan strategi pemasaran. Yakni,  mengatur strategi konten bisnis, membangun komitmen dengan konsumen dan menaikan popularitas bisnis.


Diskusi pembuatan content plan dengan Made dan Dicky sebagai tim content creator Aiola Eatery. Beserta Annisa Indira dan Dwi Ananda sebagai mahasiswa magang.-Dwi Ananda-

Era digital memang membuka banyak peluang bagi para pemilik usaha. Khususnya, dalam industri makanan dan minuman yang menjadi kebutuhan primer.  Persaingan pun sengit. Mereka yang tak mau menjadi bagian dari dunia digital bakal tersalip dengan yang lain.

Pada 17 Mei 2022, Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) mengatakan 200 juta orang Indonesia sudah mengakses internet. Jumlah yang sangat signifikan.

Internet telah memudahkan ratusan juta orang di Indonesia. Kini pesan makanan tak perlu keluar rumah. Tinggal pencet-pencet layar, HP, ojek online bakal mengantar makanan itu. 

Instagram menjadi salah satu platform yang digunakan Aiola. Ada banyak fitur yang bisa menjembatani pelaku usaha di sana.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: