Pasuruan Jaman Biyen (PJB) Ditiadakan

Pasuruan Jaman Biyen (PJB) Ditiadakan

Kenangan penyelenggaraan Pasuruan Jaman Biyen (PJB).- Dok Lailiyah Rahmawati-

PASURUAN, HARIAN DISWAY- Pasuruan Jaman Biyen (PJB) yang biasa dilangsungkan dalam kalender event tahunan Kota Pasuruan, dipastikan tidak ada. Pasca pandemi covid-19 yang mulai melandai masyarakat Kota Pasuruan menanyakan PJB yang dirindukan itu. Namun, dipastikan event yang menyajikan Pasuruan tempo dulu itu tidak dilaksanakan lagi.

Santer kabar yang berembus bahwa PJB digantikan oleh event pra MTQ yang berturut-turut mulai digelar di tahun ini. "PJB dihapus diganti event persiapan MTQ," ujar sebuah sumber di internal Pemerintah Kota Pasuruan.

Padahal, PJB merupakan agenda rutin yang digelar turun-temurun dengan menyulap sepanjang Jalan Pahlawan menjadi Pasuruan lawas.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpor) Kota Pasuruan Basuki, lewat kepala bidang pariwisatanya Oktavia Pujilestari mengatakan, penghapusan PJB di tahun ini dikarenakan perangkat daerah lain ternyata tidak menganggarkan.

"Tidak ada PJB karena OPD lain tidak menganggarkan," terang Via saat dikonfirmasi Harian Disway.

Ditanya adakah event pengganti PJB? Via mengungkapkan bahwa saat ini perencanaan penganggaran fokus pada kick off MTQ dan tidak membahas PJB.

Sebelumnya, sebagian masyarakat juga mengomentari lagu 'Pasuruan Resik' yang bukan dibawakan oleh musisi dalam kota. Adalah Ugik Endarto pegiat perpustakaan jalanan wahana baca, yang menyayangkan tidak dilibatkannya seniman Kota Pasuruan dalam proses pembuatan lagu untuk menyambut MTQ XXX itu.

"Terlepas dari tujuannya yang mulia, tapi yang tidak diketahui Gus Ipul adalah lagu 'Pasuruan Resik' tidak" wow" jika didoktrinkan masyarakat luas, "ungkapnya sebagaimana dikutip dari metallagi.com. 

Kota Pasuruan akan menjadi tuang rumah pelaksanaan MTQ Jawa Timur tahun 2023 nanti. Sejumlah persiapan salah satunya rilis lagu dan video klip 'Pasuruan Resik' yang diciptakan dan dinyanyikan oleh pedangdut Sodiq Monata. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: