Cerita Park Eun-bin Memerankan Pengacara Autis di Extraordinary Attorney Woo

Cerita Park Eun-bin Memerankan Pengacara Autis di Extraordinary Attorney Woo

PARK EUN-BIN sebagai pengacara autis Woo Young-woo menghadapi berbagai kasus unik dalam Extraordinary Attorney Woo.-ENA via IMDb-

Mungkin, inilah kesempatan Park Eun-bin mendapatkan trofi Aktris Terbaik di Baeksang Arts Awards. Penampilan dia sebagai penyandang spektrum autisme dalam Extraordinary Attorney Woo, tak diragukan lagi, merupakan akting terbaik sepanjang 2022. Dia melakukan upaya ekstra untuk masuk ke dalam karakter Young-woo, pengacara jenius yang autis itu.
---

DENGAN gerak tangan canggung, Woo Young-woo memasang headphones di kepala. Dia berdiri. Kedua tangan terentang, seperti menjaga keseimbangan. Pelan-pelan, gadis berambut pendek itu melangkah. Langkahnya kecil-kecil tapi lincah. Setengah berjingkat. Lengannya berayun-ayun seiring irama kaki. Seperti sedang menari.

Menghadapi pintu putar, Young-woo berhenti. Koordinasi sarafnya tidak mampu menghadapi ritme putaran pintu yang belum terekam dalam memori otaknya. Selama belum hafal, penyandang autis tidak akan bisa menghadapi atau mengerjakan sesuatu.

Sebagai seorang autis, Young-woo kesulitan berkomunikasi dengan orang lain. Dia berbicara dengan monoton, tanpa nada. Seperti orang membaca teks. Dia juga melakukan stimming. Alias gerakan merangsang pancaindera yang berulang-ulang. Seperti meremas buku-buku jari, serta mengetukkan jemari ke permukaan apa saja.

Tak hanya itu, gerakan tubuh dia secara umum terlihat canggung. Seperti membungkuk secara konstan dan tak bisa diam. Berbeda dengan orang kebanyakan. Mungkin, buat orang lain, itu lucu. Namun, memang seperti itulah penderita gangguan spektrum autisme.



PARK EUN-BIN-Allure Korea-

Riset Khusus

Park Eun-bin, membawakan peran sebagai Woo Young-woo dengan luar biasa. Pengacara berusia 27 tahun yang menderita autisme. Akting dia sangat natural. Senatural jalan cerita pada drama yang premiere pada 29 Juni lalu itu. Realistis.

Dia tidak perlu bertingkah aneh dan berteriak-teriak seperti orang kesurupan untuk menggambarkan karakter Young-woo yang unik. Karena autis memang berbeda dengan gangguan jiwa.

’’Sejak kali pertama membaca skenario, alih-alih mempertanyakan, ’Bakal jadi seperti apa kalau aku membawakan peran itu?’, aku lebih memikirkan betapa proyek ini sangat menarik. Ini drama yang benar-benar bagus,’’ kata Park Eun-bin dalam wawancara dengan Naver.

’’Young-woo bukan orang yang ingin kamu bantu. Tapi dia adalah cewek berhati murni yang membuatmu ingin berteman dengannya,’’ lanjut aktris 29 tahun tersebut.  

Nomine Baeksang Arts Awards 2022 lewat The King’s Affection itu mengakui, awalnya dia khawatir membawakan peran Woo Young-woo. Gadis itu sangat unik. Jenius, tapi autis. Park Eun-bin takut, cara dia menggambarkan seseorang dengan spektrum autisme akan menyinggung kelompok tertentu.



PINTU PUTAR di gedung Firma Hukum Hanbada yang sangat menantang buat Woo Young-woo. Park Eun-bin menciptakan sendiri gestur, ekspresi, dan suara Woo Young-woo berdasarkan riset mendalam.-Netflix-

’’Ini kali pertama aku membawakan karakter tipe jenius. Yang kebetulan menderita gangguan spektrum autisme,’’ jelas Park Eun-bin. ’’Aku harus berpikir tentang apa yang dianggap normal dan tidak normal ketika mengambil peran ini. Apa yang dianggap aneh, apa yang dianggap abnormal, dan apakah orang yang disebut normal itu benar-benar normal?’’ papar dia.

Untuk bisa memerankan Woo Young-woo dengan sempurna, Park Eun-bin tidak mau meniru karakter-karakter autis yang sudah pernah dibawakan orang lain. Dia juga tidak asal membawakan stereotipe penyandang autis yang diperlihatkan di media.

’’Extraordinary Attorney Woo adalah pekerjaan yang aku lakukan dengan sangat hati-hati. Karena kalau salah pendekatan, aku akan menciptakan persepsi yang salah,’’ jelas Park Eun-bin. ’’Maka aku belajar dari buku. Ada empat kriteria diagnostik untuk penyandang spektrum autisme. Semua aku pelajari,’’ tutur lulusan jurusan Psikologi dan Komunikasi Media Universitas Sogang tersebut.

’’Aku juga mewawancarai profesor bidang perkembangan, untuk meminta advis tentang bagaimana orang autis bersikap. Dari mereka juga, aku mempelajari ciri-ciri spesifik penyandang autis,’’ papar Park Eun-bin.

Woo Young-woo adalah murni tokoh ciptaan Park Eun-bin. Suara dia, gaya berbicaranya, ekspresinya, dan bahkan gesturnya secara detail tidak ada dalam naskah. Dia yang mengintepretasikan sendiri berdasar hasil riset. Dan hasil riset dia, kata Park Eun-bin, bisa dilihat dalam empat episode Extraordinary Attorney Woo yang sudah tayang di Netflix.

Usaha keras Park Eun-bin menghidupkan karakter itu terbayar lunas. Melihat bagaimana Woo Young-woo mengambil langkah kecil di masyarakat sukses menyentuh hati pemirsa. Semua terlihat baru dan menantang di mata Young-woo, ketika kali pertama bekerja di Firma Hukum Hanbada. Bahkan pengalaman pertama dia ’’bertemu’’ pintu putar saja berkesan.

Pilihan Tepat

Kabarnya, sutradara Yoo In-shik rela menunggu lebih dari setahun sampai Park Eun-bin setuju membintangi Extraordinary Attorney Woo. Ya, proyek ini sudah disiapkan sejak awal 2021. Namun, Eun-bin tidak langsung setuju. Dia malah mengambil tawaran The King’s Affection. Alasannya seperti yang telah dijelaskan di atas. Dia takut menyinggung kelompok tertentu.

Alih-alih mencari aktris lain, Yoo In-shik menunggu Eun-bin kelar syuting The King’s Affection. Setelah drama sageuk itu kelar, ia kembali menawari Park Eun-bin. Dan kali ini, dia mau.

Keputusan Yoo In-shik terbukti tidak salah. Faktanya, Park Eun-bin sukses membawakan peran Woo Young-woo dengan sempurna. Peran itu seperti ditulis khusus untuk dia. Padahal, selama syuting, konsentrasi dia terbelah. Park Eun-bin harus mengikuti tur promo film terbarunya, The Witch: Part 2. the Other One, yang tayang sejak 15 Juni lalu.

Ada kesamaan antara Woo Young-woo dan Kyung-hee, peran dia dalam The Witch: Part 2. Keduanya sama-sama perempuan berhati baik. Soal itu, Eun-bin mengakui, dirinya belum pernah mendapat peran antagonis.

’’Meskipun sudah pernah membawakan berbagai karakter, tokoh-tokoh yang kuperankan memiliki benang merah,’’ kata Park Eun-bin. ’’Kurasa, aku lebih sering mendapatkan tawaran peran orang susah daripada jahat. Itu membuatku berpikir bahwa orang melihatku sebagai aktris dengan image lurus,’’ tambah aktris yang membintangi serial sejak berusia 6 tahun tersebut.

Well, apa pun image Park Eun-bin, itu semua hilang ketika dia berubah menjadi Woo Young-woo. Jadi tidak sabar menyaksikan dia menangani kasus unik lagi di pengadilan. Extraordinary Attorney Woo tayang di Netflix setiap Rabu dan Kamis, mulai pukul 21.00 WIB. Yuk, nonton! (Retna Christa)

Sumber: allure.com