Tiongkok Protes Ada Orang ini di Pemakaman Mantan PM Jepang Shinzo Abe

Tiongkok Protes Ada Orang ini di Pemakaman Mantan PM Jepang Shinzo Abe

Wakil Presiden Taiwan William Lai saat menghadiri pemakaman mantan PM Jepang Shinzo Abe, Selasa, 12 Juli 2022.-AFP-

BEIJING, HARIAN DISWAY - Kementerian Luar Negeri Tiongkok mengirim surat keluhan ke Jepang, Selasa, 12 Juli 2022. Pemerintah Presiden Xi Jinping mempertanyakan kehadiran Wakil Presiden Taiwan William Lai di pemakaman mantan perdana menteri Shinzo Abe.

Anda sudah tahu, Tiongkok masih menganggap Taiwan bagian dari negerinya. Sedangkan Taipei yang menganut paham demokratis menolaknya dan mengklaim mereka telah merdeka. 

"Taiwan adalah bagian dari Tiongkok dan tidak memiliki apa yang disebut wakil presiden," kata Juru Bicara Kemlu China Wang Webin seperti dikutip dari Reuters, Rabu, 13 Juli 2022.

Menurut pejabat Jepang, Lai sebenarnya datang sebagai teman pribadi yang memberi Abe penghormatan terakhir. Kunjungannya tidak mewakili Taiwan.

"Setelah pembunuhan mantan perdana menteri Jepang Abe, pihak berwenang Taiwan menggunakan kesempatan itu untuk terlibat dalam manipulasi politik. Tidak mungkin rencana seperti ini akan berhasil," lanjut Webin.

Abe, yang ditembak mati dalam kampanye pekan lalu, sangat populer di Taiwan karena dukungannya untuk negara berpenduduk 23,5 juta jiwa itu. 

Presiden Taiwan Tsai Ing-wen juga menyampaikan pesan bela sungkawa. Namun, ia tak terbang ke Jepang. Ing-wen mengunjungi Kedubes Jepang di Taipei untuk memberikan penghormatan, Senin lalu. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reuters