Alex Ferguson Kembali ke Old Trafford

Alex Ferguson Kembali ke Old Trafford

Mantan pelatih legendaris Manchester United akhirnya tak kuasa menolak permintaan Ketua Eksekutif Richard Arnold untuk mengembalikan masa jaya klub setelah pelatih asal Skotlandia ini mengundurkan diri pada 2013.--

MANCHESTER, HARIAN DISWAY- Manchester United kembali melakukan pembenahan manajerial. Salah satu di antaranya kembali bergabungnya Sir Alex Ferguson ke Old Trafford.

Bukan pelatih memang, tetapi kali ini sebagai think-thank. Pelatih legendaris itu tak kuasa menolak rayuan Ketua Eksekutif Richard Arnold menjadi penasihat klub.

Arnold memang sengaja membentuk think-tank yang melibatkan Ferguson, mantan CEO David Gill, kapten ikonik United Bryan Robson, dan direktur sepak bola saat ini John Murtough. Dengan demikian, ia bisa memanfaatkan pengalaman mereka di semua aspek klub. 

Badan ini akan memberi Ferguson lebih banyak pengaruh dan otoritas di Old Trafford daripada kapan pun sejak ia mengundurkan diri sebagai manajer hampir satu dekade lalu.

Pertemuan makan siang hari Selasa di Carrington – yang bertepatan dengan kembalinya Cristiano Ronaldo ke tempat latihan untuk melakukan pembicaraan – dipahami sebagai pertemuan pertama dari serangkaian pertemuan reguler yang melibatkan lima orang itu.

Meskipun Ferguson dan Gill tetap berada di dewan sepak bola United sebagai direktur non-eksekutif sejak meninggalkan pekerjaan mereka pada 2013, itu telah dilihat sebagai isyarat simbolis sebagian besar dengan mantan kepala eksekutif United Ed Woodward memilih untuk melakukan sesuatu dengan caranya.

Sportsmail melaporkan, pada November bahwa Ferguson akan menyambut baik kesempatan untuk mendapatkan lebih banyak masukan di United setelah hanya dikonsultasikan pada beberapa kesempatan oleh manajer saat itu Ole Gunnar Solskjaer.

Sekarang berusia 80 tahun, dan sudah pulih dari pendarahan otak yang mengancam jiwa pada 2018, pria Skotlandia itu tidak dapat lagi berperan aktif di United.

Namun Arnold, yang menggantikan Woodward Februari lalu, sangat menyadari pentingnya memanfaatkan pengetahuan sepakbola Ferguson yang luas setelah mengangkat 38 trofi yang belum pernah terjadi sebelumnya selama 26 setengah tahun menjadi rezim di Old Trafford.

Gill memainkan peran penting dalam kesuksesan itu selama 16 tahun kariernya di United, termasuk satu dekade sebagai kepala eksekutif. Namun, ia juga telah menjadi sosok periferal di klub dalam beberapa tahun terakhir meskipun posisinya dalam permainan.

Gill, 64, duduk di komite eksekutif UEFA dan juga bendahara badan sepak bola Eropa, serta ketua komite keuangan dan komite kompensasi.

Robson dipuja sebagai legenda United dan juga bekerja sebagai duta klub, seperti Ferguson.

Dapat dipahami bahwa ketiga pria tersebut akan memberi saran kepada Arnold tentang berbagai masalah yang mencakup pembangunan kembali Old Trafford dan Carrington, dan hubungan klub dengan para penggemarnya.

Ini pasti akan melibatkan masalah sepak bola juga, meskipun mereka akan berhati-hati untuk tidak memengaruhi atau menginjak kaki Murtough.

Sumber: