Tentara Tiongkok Tembakan Proyektil ke Selat Taiwan

Tentara Tiongkok Tembakan Proyektil ke Selat Taiwan

Kapal perang Tiongkokmenembakkan rudal dari selat Taiwan di dekat Provinsi Fujian.-AFP-

TAIPEI, HARIAN DISWAY - Gumpalan asap putih membumbung di atas perairan Taiwan. Ledakan keras terdengar di selat yang berbatasan dengan Tiongkok itu. 

Militer Taiwan memantau dengan cermat latihan Tiongkok yang belum pernah terjadi sebelumnya, Kamis, 4 Agustus 2022. Tiongkok berlatih dengan kekuatan penuh di sekitar Taiwan dalam tiga hari terakhir.

Militer Taiwan pun menyatakan siap jika terjadi konfrontasi langsung. "Kementerian Pertahanan Nasional menekankan bahwa mereka akan menjunjung tinggi prinsip mempersiapkan perang tanpa mencari perang, dan dengan sikap tidak meningkatkan konflik dan menyebabkan perselisihan," kata Kementerian Pertahanan Taiwan di Taipei dalampernyataan resminya.

Tiongkok memulai latihan militer terbesarnya dengan mengelilingi Taiwan. Ini merupakan reaksi terbaru pemerintah Presiden Xi Jinping usai kunjungan Ketua DPR AS Nancy Pelosi yang membuat marah Tiongkok.

Militer Tiongkok  akan memfokuskan kegiatan di beberapa zona yang mengelilingi Taiwan. Beberapa titik hanya sekitar 20 kilometer (12 mil) dari pantai pulau itu.

"Latihan itu belum pernah terjadi sebelumnya dan bahwa rudal akan terbang di atas Taiwan untuk pertama kalinya," tulis tabloid nasionalis yang dikelola negara, Global Times.

"Ini adalah pertama kalinya militer Tiongkok, akan meluncurkan artileri jarak jauh langsung melintasi Selat Taiwan," tulis Global Times.

Sebenarnya latihan sudah dimulai Selasa, 2 Agustus 2022. Namun kedatangan Pelosi Rabu membuat skala latihan ditingkatkan. Seharusnya latihan militer itu berakhir akhir pekan ini. (*)

 

Sumber: