Wushu artikel

UK Petra Gelar Metaverse, Undang Masterchef Masak Pecel Taco hingga Rawon Putih

UK Petra Gelar Metaverse, Undang Masterchef Masak Pecel Taco hingga Rawon Putih

Hanjaya Saputra, dosen UK Petra bersama Rebecca, Petranesian alumni Masterchef, berpraktik memasak daging untuk bahan rawon-UK Petra untuk Harian Disway-

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Metaverse, itulah tema pameran edukasi (Eduverse) yang digelar oleh School of Business and Management (SBM) UK Petra. Acara tersebut berlangsung pada 12-14 Agustus 2022 di Grand Atrium Pakuwon Mall.

Metaverse merupakan bagian dari peringatan Anniversary ke-40, sekaligus memperkenalkan pada khalayak, nama baru Fakultas Bisnis dan Ekonomi. "Fakultas tersebut berubah menjadi School of Business and Management (SBM) UK Petra," ungkap Josua Tarigan, PhD, dekan SBM.

Pergantian nama fakultas tersebut dilakukan untuk mendukung dan mempertajam visi internasionalisasi UK Petra. "Go International. Kami ingin menjadi kampus kelas dunia," tambahnya.

Dalam kegiatan tersebut, pengunjung dapat mengetahui berbagai informasi pendidikan yang ada di UK Petra, khususnya SBM UK Petra. Para siswa SMA yang hadir dapat berkonsultasi secara langsung dengan dosen dari tiap program yang ada di SBM UK Petra tersebut. 

Banyak kesempatan yang bisa didapatkan para pengunjung dalam acara itu. Termasuk kesempatan mengenal program Master’s Track. Yakni inovasi baru untuk mahasiswa angkatan 2023 yang dapat menyelesaikan studi S1 dan S2 dalam waktu 4,5 tahun saja.

Inovasi berikutnya adalah International track. Dalam program tersebut, mahasiswa dapat mengikuti berbagai kegiatan internasional seperti international exposure, yang menghubungkan antara mahasiswa dengan perusahaan keuangan dan teknologi di Tiongkok. Program tersebut berlangsung selama satu minggu di negara Tirai Bambu.

Ada pula International Sandwich Program, yang memberi akses bagi mahasiswa untuk belajar selama 3 minggu, menggeluti bidang digitalisasi dan kewirausahaan bersama National University of Singapore. "Kemudian Student Exchange. Para mahasiswa akan merasakan pengalaman selama satu semester di Yonsei University," ungkapnya. 

Lantas para mahasiswa juga dapat mengikuti Double degree program. Mereka bisa mendapatkan 2 gelar sarjana dari UK Petra dan Macquarie University, Australia. Berikut perkuliahan sebanyak 20 SKS dalam Bahasa Inggris. 

“Kami menyediakan beasiswa internasional track untuk 50 siswa saja senilai Rp 5 Milyar. Potongan 60 persen untuk Master’s Track, kemudian ada juga beasiswa studi hingga 100 persen serta cashback voucher senilai 100 ribu rupiah untuk pembelian Petra Admission Code," terang Josua.

Para pengunjung disuguhi berbagai atraksi menarik dalam event tiga hari tersebut. Diantaranya CEO Talk, Demo masak, dance, fun games, talkshow, hingga awarding night dan doorprize

UK Petra dalam Metaverse, mengundang para tamu, diantaranya: Alim Markus (CEO Maspion Grup), Denny Santoso (CEO Tribelio.com), Tjahjono Haryono (Chairman of Apkrindo), Yotari Kezia (Singer & Songwriter), Palitho Aventus (1st Runner Up Masterchef Indonesia Season 9), dan Rebecca Suwignyo (Top 7 Masterchef Indonesia Season 7). 

SBM UK Petra juga menampilkan berbagai kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat umum. Misalnya pada hari Jumat, 12 Agustus 2022,pada pukul 19.30-21.30, diadakan demo masak oleh Rebecca yang merupakan Petranesian (Alumni UK Petra) angkatan 2014, bersama Hanjaya Saputra, dosen Hotel Management UK Petra. 

Mereka memasak pecel taco, rawon putih dan pasta soto Banjar. Rebecca melakukan inovasi dalam kulit taco tersebut. "Saya buat dari beras, bukan tepung seperti umumnya," ujarnya. Sementara rawon putih yang dibuat menggunakan kluwek yang diberikan pada dagingnya. Bukan pada kuahnya.

Duet chef tersebut berguna bagi pengembangan wawasan mahasiswa, utamanya mereka yang menggeluti dunia industri entertainment dan dunia F&B. (Guruh Dimas Nugraha)

Sumber: