Antrean Sesaat Transportasi Publik

Antrean Sesaat Transportasi Publik

Bus Trans Jatim tampak mengangkut warga yang penasaran untuk mencoba di Halte Tanggulangin Sidoarjo 19 Agustus 2022.-Boy Slamet-

Demikian pula dengan kehadiran Trans Jatim. Harus bisa diakses untuk mobilitas warga sehari-hari. Dan sebaiknya, aplikasinya diintegrasikan dengan Trans Semanggi atau Suroboyo Bus. ”Dengan begitu, kan bisa nyambung dan gak ribet,” jelasnya.


Bus Trans Jatim saat melenggang di jalan raya Sidoarjo 19 Agustus 2022.-Boy Slamet-

Direktur Angkutan Jalan Kementerian Perhubungan Soeharto mengatakan, Trans Jatim bakal diintegrasikan dengan Trans Semanggi. Meski, belum dapat dipastikan waktu pelaksanaannya. ”Koridor I Trans Jatim nanti bisa terintegrasi dengan transportasi publik di Surabaya agar memudahkan akses untuk masyarakat,” ungkapnya.

Trans Semanggi di Kota Surabaya merupakan satu di antara sepuluh kota sasaran program BTS (by the service) Kementerian Perhubungan. Bahkan, performa Trans Semanggi Surabaya unggul ketimbang sembilan kota lain. Skornya mencapai 95 persen.

Tentu, performa itu terhitung bagus. Mengingat, serapan penumpang transportasi publik masih sangat rendah di kota-kota besar di Indonesia. Kemenhub juga terus melakukan pengembangan.

”Target 2024, masyarakat Surabaya bisa terlayani transportasi publik yang lengkap. Akhir tahun kami adakan yang berbasis listrik dan baterai,” imbuh Soeharto. Termasuk bus rapid transit (BRT) yang akan segera dibangun. Anggarannya dibantu Bank Pembangunan Jepang.

Ya, kini bus Trans Jatim masih menyediakan koridor I untuk rute Sidoarjo–Gresik. Rencananya, koridor II Mojokerto–Surabaya bakal dibangun tahun depan. Menyambung koridor III Malang–Batu pada 2024. (*)

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: