Covid-19 Jauh Melandai, Sampai Kapan Ranu Kumbolo Ditutup?

Covid-19 Jauh Melandai, Sampai Kapan Ranu Kumbolo Ditutup?

Memburu matahari terbit di Ranu Kumbolo.-Mohamad Noor Andryan/Harian Disway-

SURABAYA,HARIAN DISWAY - Kapan  Ranu Kumbolo dibuka? Danau nan elok di lembah Gunung Semeru itu sudah sangat ditunggu para pendaki. 

Sungguh disayangkan, sejak tanggal 22 September 2019 hingga saat ini, pendakian menuju Ranu Kumbolo masih ditutup karena berbagai hal. Pada 22 September 2019 pendakian ditutup dikarenakan adanya reboisasi yang diakibatkan karena kebakaran hutan yang melanda kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS). 

Penutupan tersebut kemudian berlanjut karena adanya pandemi COVID-19 yang mengharuskan seluruh pendakian ditutup sementara hingga waktu yang tidak ditentukan.


Para pendaki yang mampir di pos pemberhentian Ranu Kumbolo.-Mohamad Noor Andryan/Harian Disway-

Pada 1 April 2021, pendakian menuju Ranu Kumbolo sempat dibuka kembali. Kala itu vaksinasi Covid-19 sudah gencar dilakukan. Pemerintah memberikan kelonggaran.

Namun, kuota pendakian hanya dibatasi 180 orang per hari. Para pendaki yang menunggu pembukaan kembali pendakian ini setelah ditutup kurang lebih 1 tahun pun mulai antusias. Terbukti dengan kuota pendakian yang selalu penuh saat awal pembukaannya. 

Antrean pendakian sudah seperti antre Haji. Menunggunya lama sekali. Apalagi izin pendakian tidak berlangsung lama.

Pemerintah kembali menutup jalur pendakian sejak 3 Juli 2021 jalur gara-gara varian delta. Tak lama setelah itu, dua buah surat keterangan dari TNBTS kembali dikeluarkan. Pada surat pertama, terdapat informasi perpanjangan penutupan hingga 25 Juli 2021. Pada surat keterangan yang kedua berisi tentang penutupan pendakian yang ditutup hingga waktu yang tidak ditentukan. 

Pendaftaran bookingsemeru.bromotenggersemeru.org juga tidak bisa diakses. Tertulis bahwa “Kuota Belum Ada”. Ditulis dengan huruf merah hingga 31 Desember 2023.


Belum ada kuota ke Semeru yang dibuka.--

Ranu Kumbolo adalah danau yang berada pada ketinggian 2400 mdpl. Inilah spot kemah favorit dalam jalur pendakian Semeru. Banyak yang memburu momen matahari terbit di sana. Maka tak heran banyak yang menjuluki Ranu Kumbolo sebagai surganya Gunung Semeru.

Bahkan banyak sengaja datang ke Semeru untuk ke Ranu Kumbolo. Sebab, jalur pendakiannya yang tidak terlalu sulit dan cenderung landai. Akses menuju basecamp pendakiannya mudah dijangkau.


Danau Ranu Kumbolo di lembah Semeru.-Mohamad Noor Andryan/Harian Disway-

Biaya pendakiannya pun relatif murah, untuk turis domestik hanya di tarif Rp.19.000 per hari pada hari kerja dan Rp. 24.000 per hari pada saat akhir pekan. Sedangkan untuk turis internasional memiliki tarif Rp. 210.000 per hari saat hari kerja dan Rp. 310.000 untuk akhir pekan. (Mohamad Noor Andryan)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: