Soap for Hope Ajarkan Siswa SD Mendaur Ulang Sabun Hotel

Soap for Hope Ajarkan Siswa SD Mendaur Ulang Sabun Hotel

Suasana pelaksanaan program Soap for Hope oleh Hilton Garden Inn Jakarta Taman Palem, DoubleTree by Hilton Jakarta Diponegoro di depan siswa SD Kristen Kasih Kemuliaan Jakarta Barat.--

JAKARTA, HARIAN DISWAY - Sebuah komitmen pada lingkungan ditunjukkan dalam aksi kolaborasi antara Hilton Garden Inn Jakarta Palem, DoubleTree by Hilton Jakarta Diponegoro, dan Diversey. Dalam program Soap for Hope, ratusan siswa SD Kristen Kasih Kemuliaan Jakarta Barat diajarkan mengolah sampah sabun.

Betapa antusiasnya ratusan siswa SD itu ketika Komite Travel with Purpose kedua hotel datang ke sekolah mereka yang berada di Komplek Taman Surya V Blok RR No 1, Pegadungan, Kali Deres, Kota Jakarta Barat, Jakarta.

Sebab tim komite hendak mengajari mereka membuat sabun. Sesuatu yang mungkin selama ini tak pernah mereka tahu dan lakukan. 

Didukung PT Diversey Indonesia, komite Travel with Purpose dari Hilton Garden Inn Jakarta Taman Palem dan DoubleTree by Hilton Jakarta Diponegoro itu mempraktikkan langsung bagaimana cara mendaur ulang sabun-sabun dari hotel. Utamanya sabun dari kedua hotel.
Tim Komite Travel with Purpose yang tengah mengajarkan kepada seorang siswa SD Kristen Kasih Kemuliaan Jakarta Barat, cara mengolah sabun dengan alat press yang langsung bisa dipraktikkan dengan mudah setelah penjelasan.

Sebanyak 120 murid kelas 1, 2, dan 3 itu tampak menyimak dengan serius. Mereka amat tertarik dengan penjelasan dari mana bahan-bahan sabun itu berasal. Disampaikan pula apa yang bernilai positif buat lingkungan dengan kegiatan tersebut. ”Sebagai bagian dari komunitas kecil di masyarakat, kontribusi membantu sesama merupakan landasan dasar untuk memperbesar dampak sosial yang menjadi bagian dari tujuan Travel with Purpose,” terang Hadi Pramono, Champion Travel with Purpose dari Hilton Garden Inn Jakarta Taman Palem atas aksi itu.

Dalam berbagai tahapan, anak-anak mengikuti dengan detail bagaimana proses mendaur ulang sabun. Dijelaskan dulu bahwa jauh-jauh sebelumnya, Soap for Hope sudah diawali oleh tim House Keeping dari hotel yang setiap saat membersihkan kamar mengumpulkan sisa sabun yang ada. 

Bila kotor, sabun dibersihkan terlebih dahulu kemudian dipotong-potong menyerupai dadu. Setelah itu, direndam menggunakan larutan sanitasi selama 30 hingga 60 detik sebagai upaya mematikan bakteri. 

Proses selanjutnya adalah penambahan warna atau aroma jika diperlukan. Lalu dicetak dan dikemas. Saat pencetakan, ada sebuah alat sederhana yang cukup dikendalikan dengan tangan. 

Beberapa anak-anak langsung terlibat mengerjakannya. Mereka jadi tahu sendiri bagaimana sabun-sabun di-press sehingga menjadi bentuk yang lebih padat. Tak lupa sabun-sabun baru itu dikemas cantik.

Kebetulan sekolah dasar tersebut berlokasi tidak jauh dari Hilton Garden Inn Jakarta Taman Palem. Sehingga sabun-sabun buatan mereka itu bisa dibagikan kepada komunitas sekitar hotel dan sekolah.
Dua siswa SD Kristen Kasih Kemuliaan yang mengikuti program Soap for Hope yang bangga menunjukkan hasil sabun daur ulang yang mereka buat.

Tak hanya belajar mendaur ulang sabun. Selama kegiatan interaktif, peserta juga belajar tentang pentingnya mencuci tangan dengan cara yang benar. ”Dalam situasi pascapandemi seperti ini, anak-anak tetap harus kita dorong untuk menjalankan protokol kesehatan yang bermanfaat dalam situasi apa pun,” kata Hadi. 

Ditegaskannya, kegiatan yang membawa isu lingkungan hidup itu bertujuan agar membangun kesadaran di kalangan anak dari usia dini tentang pentingnya menjaga lingkungan, serta mencegah penyakit terkait kebersihan. ”Sebagai hotel yang relatif baru di kawasan Jakarta Barat, kami ingin memenuhi tugas memberikan dampak sosial di masyarakat sekitar,” katanya.

Ditambahkannya, selain kegiatan Soap for Hope, komite Travel with Purpose selama ini telah menjalankan kegiatan berguna lainnya yang berdampak positif bagi lingkungan dan masyarakat. Seperti, penyaluran sisa makanan layak saji, pembersihan area Pantai Indah Kapuk. ”Kami juga berdonasi untuk program kebun pangan bekerja sama dengan Foodbank of Indonesia,” bebernya.
Sabun-sabun hasil praktik Soap for Hope oleh siswa SD Kristen Kasih Kemuliaan Jakarta Barat yang siap dibagikan.

Icha Ayuningtyas, Merketing Communication Manager Hilton Garden Inn Jakarta Taman Palem, menegaskan bahwa program daur ulang sabun oleh Hilton sebenarnya telah berlangsung selama lebih dari satu dekade. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: