Makbul Mubarak Rilis Trailer Authobiography sebelum ke Toronto-Venice

Makbul Mubarak Rilis Trailer Authobiography sebelum ke Toronto-Venice

--

JAKARTA, HARIAN DISWAY - Sebelum berangkat berlaga di dua festival film internasional, film Autobiography yang disutradarai Makbul Mubarak merilis trailer eksklusif.

Hanya berdurasi dua menit, trailer film itu diluncurkan pada Selasa, 30 Agustus 2022 lalu. Dalam trailer tersebut diperkenalkan sosok Rakib -diperankan Kevin Ardilova- yang menjaga rumah seorang pensiunan bernama Purna –diperankan Arswendy Bening Swara-. 

Ketika Purna pulang untuk mencalonkan diri menjadi bupati, Rakib cepat akrab dan melihat Purna sebagai figur ayah. Bergenre suspense thriller, penonton diperlihatkan bagaimana dunia yang ditinggali Rakib dan Purna, penuh gelap dan ketegangan.

”Trailer perdana film Autobiography itu memang sengaja dirilis menjelang keberangkatan tim produksi ke dua festival sekaligus,” terang Makbul Mubarak. 

Selain Venice International Film Festival yang digelar 31 Agustus hingga 10 September, Autobiography juga berlaga di Toronto International Film Festival pada 8-18 September 2022.

Di Venice, Autobiography berkompetisi di seksi Orrizonti (Horizons) sebagai satu-satunya film dari Asia Tenggara, bersama film-film lain dari Ukraina, Jepang, Argentina, Italia, Perancis, Iran, dan lain-lain. Dewan juri seksi Orrizonti kali diketuai oleh sutradara veteran Spanyol, Isabel Coixet.

Sementara di Toronto, Autobiography yang terpilih masuk di seksi World Contemporary Cinema itu akan berkompetisi untuk mendapatkan NETPAC Prize.  Penghargaan yang pertama kali diberikan pada 2012 itu dipersembahkan the Network for the Promotion of Asian Cinema untuk memberikan penghargaan pada film-film Asia terbaik yang ditayangkan di Toronto International Film Festival.

Produser Yulia Evina Bhara menjelaskan bahwa keberangkatan tim Autobiography ke Venice dan Toronto Film Festival difasilitasi Kemendikbud melalui Dana Indonesiana. ”Keberangkatan tim untuk menemani film dan merayakan sinema Indonesia. Kami sangat menanti momen ini, setelah proses yang panjang,” ujarnya.

Ahmad Mahendra selaku Direktur Perfilman, Musik dan Media Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi Indonesia memberikan dukungan terhadap keberangkatan film Autobiography. Kemendikbudristek melalui Direktorat Perfilman, Musik, dan Media berkomitmen untuk terus mendukung film Indonesia yang berkompetisi maupun tayang di festival bergengsi di luar negeri.

”Tidak hanya Venice dan Toronto, beberapa festival film lainnya yang berpartisipasi dalam festival di luar negeri juga mendapatkan dukungan penuh dari Kemendikbudristek, misalnya Locarno, Busan, Bucheon, Tampere Film Festival untuk film pendek dan beberapa festival lainnya,” katanya.

Dikembangkan sejak 2017, proyek film Autobiography telah dipresentasikan pada TorinoFilmLab2017. Kemudian berlanjut terseleksi ke European Audiovisual Entrepreneurs Ties That Bind, Berlinale Co-production Market, Locarno Open Doors, Southeast Asian Fiction Lab-SEAFIC, FDCP Project market dan First Cut Lab.

Autobiography menjadi film Indonesia yang berko-produksi dengan Singapura, Polandia, Filipina, Jerman, Perancis, dan Qatar, setelah mendapatkan dukungan dari aide aux cinémas du monde CNC Prancis, Nouvelle-Aquitaine Regional Fund Prancis, World Cinema Fund Jerman, Purin Pictures Thailand, Polish Film Institute, Asean Co-Production Grant –ACOF Filipina, Tokyo Talents NEXT Master Program dan Doha Film Institute.

Tidak hanya dari luar Indonesia, Autobiography juga mendapatkan dukungan financing dari Badan Ekonomi Kreatif untuk tahap pengembangan melalui partisipasi ke Torino FilmLab. 

Aspek produksi dan distribusi didukung oleh Kementrian Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Serta Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: