Akhirnya, Song Kang-ho Terjun ke TV

Akhirnya, Song Kang-ho Terjun ke TV

KEBANGGAAN Song Kang-ho saat menunjukkan piala Aktor Terbaik Festival Film Cannes setiba di Bandara Internasional Incheon, 30 Mei 2022 lalu.-ANTHONY WALLACE-AFP-

DALAM karier akting Song Kang-ho yang telah membentang selama 31 tahun, belum pernah sekali pun ia bermain dalam drama serial. Hidupnya dihabiskan di panggung teater dan produksi film layar lebar. Nah, tahun depan, kita berkesempatan menyaksikan akting kerennya di televisi. Song Kang-ho dipastikan membintangi serial berjudul Uncle Sam Shik.

Hal itu diungkap pada hari pertama konvensi penyiaran Korea (BCWW) di Seoul, Selasa, 31 Agustus 2022, lalu. Uncle Sam Shik bakal diproduksi oleh Slingshot Studio. Dan disutradarai oleh Shin Yeon-sik. Ia adalah sineas yang sering bekerja bareng Song Kang-ho. Bahkan saat ini, mereka sedang menggarap dua film sekaligus. Yakni One Win dan Cobweb.

’’Uncle Sam Shik adalah drama yang terdiri dari 10 episode. Tokoh utamanya, Sam Shik, adalah seorang pria dengan narasi yang sangat beragam,’’ ungkap perwakilan Slingshot Studio dalam event kemarin, seperti dikutip Soompi.

’’Tentunya, kami sangat berharap aktor Song Kang-ho akan menghidupkan karakter itu dengan skill akting yang tak terbantahkan, serta kepribadiannya yang hangat. Kami akan mempersembahkan drama berkualitas tinggi demi kepuasan penonton,’’ janji rumah produksi tersebut.

Uncle Sam Shik mengisahkan bromance antara dua orang, Sam-shik dan Kim-sam, pada era 1960an. Kala itu, Korea sedang dalam periode yang tidak menentu. Dengan situasi politik dan ekonomi yang masih hancur akibat perang. Persahabatan, petualangan, dan hasrat terpendam kedua pria itu menjadi fokus utama Uncle Sam Shik. Sayang, rekan main Song Kang-ho belum diumumkan.

Kabar bahwa Song Kang-ho merambah dunia televisi tentu menggembirakan. Sekaligus bikin penasaran. Bagaimana tidak? Selama lebih dari tiga dekade, ia hanya mengambil proyek film. Berkat aktingnya yang prima—dan kejeliannya memilih skenario—hampir semua yang dibintanginya sukses.

Sebut saja Memories of Murder (2003), The Host (2006), dan Snowpiercer (2013) bersama Chris Evans. Plus, tentu saja, yang paling fenomenal, Parasite (2019). Ia bahkan menjadi aktor Korea pertama yang memenangkan gelar Aktor Terbaik dalam Festival Film Cannes 2022, berkat aktingnya di film Broker.  

Song Kang-ho belum mengeluarkan pernyataan soal rencana debutnya di televisi. Namun, yang jelas ini bakal jadi pengalaman yang benar-benar baru. Sebelum terjun ke layar lebar, ia mengasah diri sebagai aktor teater. Ia kali pertama tampil pada 1991. Dalam pementasan berjudul A Little Monk. Satu dekade penuh ia habiskan di panggung pertunjukan.

Dalam periode itu, ia sudah sering ditawari peran di film. Namun, ia selalu menolak. Hingga akhirnya, ia mengambil peran pendukung dalam film Hong Sang-soo, The Day a Pig Fell Into the Well (1996).

Setahun kemudian, ia sudah merebut penghargaan dalam Blue Dragon Film Awards. Lewat film No 3 besutan Song Neung-han. Popularitas Song Kang-ho kian meroket pada 2000, setelah menjadi pemeran utama film top Foul King. Yang merajai box office di era itu. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: soompi