Ada ”Dewa” Baru di Sepak Bola Dunia

Ada ”Dewa” Baru di Sepak Bola Dunia

Erling Haaland, Manchester [email protected]

SEVILLA, HARIAN DISWAY - ADA yang menarik dari reaksi para pundit sepak bola seusai partai perdana Liga Champions 2022/2023. Para pundit bertengkar soal siapa yang terbaik. Pilih Erling Haaland atau Kylian Mbappe.

Kebetulan dua predator tersebut menciptakan brace. Mencetak dua gol. Haaland melakukannya di Sevilla setelah Manchester City menghantam tuan rumah Sevilla 4-0. Di Prancis, Mbappe mencetak brace untuk menendang Juventus 2-1 di Stadion Parc des Princes, Paris.

Munculnya perdebatan itu sepertinya menutup tirai persaingan dua dewa sepak bola dunia, Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo. Pelan tapi pasti, kemasyhuran nama dan hegemoni keduanya memudar. Lebih-lebih setelah klub Cristiano Ronaldo, Manchester United, absen di Liga Champions. Haaland dan Mbappe kini jadi dewa baru. Hegemoni baru.

Perdebatan muncul. Siapa yang terbaik setelah sama-sama mencetak gol. Eks striker Arsenal Thierry Henry memilih juniornya, Kylian Mbappe. Rio Ferdinand dan Owen Hargreaves menunjuk Haaland sebagai sosok paling klinis. Haaland mencetak 12 gol dalam tujuh laga.

Henry tidak asal sebut. Alasannya kuat dan realistis. Mbappe, katanya, tidak hanya menyelesaikan peluang, tetapi ikut menciptakannya. Haaland cuma bikin gol. Setelah itu, urusannya selesai,” ucap Henry kepada CBS.

Mbappe, lanjut Henry, tidak terpaku di satu tempat. Ia bisa bermain di kanan, kiri, dan tengah. Haaland hanya berkutat di tengah. ”Bersamanya, PSG sangat favorit untuk menjuarai Liga Champions. Kali ini mereka bisa menyingkirkan Real Madrid. Mbappe masih jadi favorit saya,” ucap Henry.

Owen Hargreaves tidak setuju. Haaland, kata eks Bayern Munich itu, membuat awal karier yang mencengangkan di Manchester City. Rekor akan terus bertumbangan. Ia seperti robot pembunuh di kotak penalti.

Ia percaya pemain berusia 22 tahun itu akan memecahkan rekor Mohamed Salah di Liga Premier 2017/2018 karena menciptakan 32 gol. Salah musim itu mencetak 38 gol di seluruh kompetisi. Ia yakin Haaland akan mematahkan rekor tersebut. Ia yakin Haaland akan menciptakan 45 gol di seluruh kompetisi. Haaland bakal memecahkan rekor itu.

Kepada BT Sport, Rio Ferdinand juga memprediksi hal yang sama. Mantan bek Manchester United itu mengatakan, Haaland akan mencetak setidaknya 40 gol musim ini. ”Saya rasa Haaland bisa menciptakan 41 gol,” ungkapnya.

City akan bermain tiga kali seminggu hingga dimulainya Piala Dunia 2022 pada 19 November. Sayang, Haaland tidak akan berada di situ. Sebab, timnas Norwegia tidak lolos ke Qatar.

Polemik seputar kans dua predator itu seperti menutup tirai persaingan antara Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi. Pada awal musim ini, CR7 sebutan Cristiano Ronaldo malah tak hanya tidak ikut Liga Champions, tetapi juga harus turun kelas menjadi pemain cadangan.

Di Paris, Messi malah sibuk mencetak rekor lain. Bukan lagi gol, melainkan assist. Messi kini menjelma menjadi ”pelayan” Kylian Mbappe. Dunia kini siap-siap menyambut persaingan dua dewa baru antara Erling Haaland dan Kylian Mbappe.

Publik Inggris menunggu kiprah Haaland saat timnya berduel melawan Tottenham Hotspur asuhan Antonio Conte. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: