Bolehkah Rakyat Jelata Seperti Kita Melayat Ratu Elizabeth II?

Bolehkah Rakyat Jelata Seperti Kita Melayat Ratu Elizabeth II?

RATU ELIZABETH II menghadiri pemakaman Pangeran Philip di Westminster Hall, 29 Maret 2021. Sekitar 1,5 tahun setelah kepergian Philip, Ratu menyusul kekasihnya.-Poll-Samir Husein-Getty Images via AFP-

LONDON, Harian Disway – Rakyat Inggris sedang bersiap mengucapkan selamat tinggal kepada Ratu Elizabeth II. Raja Charles III telah mengumumkan bahwa masa berkabung untuk Ratu digeber mulai Jumat, 9 September 2022, hingga tujuh hari setelah Ratu dimakamkan. Tanggal pemakaman sendiri akan diumumkan belakangan.  

Nah, selama masa berkabung, apa yang bisa dilakukan warga Inggris? Bolehkah mereka melayat Ratu? Demi memberikan penghormatan terakhir? Kalau boleh, apa saja batasannya? Dari mana mereka bisa melihat jenazah Ratu? Berikut pertanyaan-pertanyaan yang mungkin muncul terkait persemayaman Ratu Elizabeth II, beserta jawabannya.

Bagaimana Peti Ratu Dibawa ke London?
Peti Ratu akan meninggalkan Balmoral, rumah peristirahatan Ratu, dan dibawa ke Istana Holyroodhouse di Edinburgh. Puri itu adalah kediaman resmi keluarga Kerajaan Inggris di Skotlandia. Kemudian, jenazah akan dibawa—dengan prosesi khusus—ke Katedral St Giles di Edinburgh. Ratu akan disemayamkan di sana untuk beberapa saat, sebelum dipindahkan ke London. Sedangkan pilihan transportasinya adalah pesawat dan kereta.

Bagaimana Publik Bisa Memberikan Penghormatan Terakhir?


RIBUAN warga London antre di depan gerbang Westminster Abbey untuk memberikan penghormatan terakhir kepada Lady Diana, September 1997. Pemakaman ratu diprediksi akan seramai ini.-Vogue-


Berdasarkan preseden, begitu peti tiba di London, Ratu Elizabeth II akan disemayamkan di Westminster Hall. Salah satu ruang paling tua di Istana Westminster. Biasanya, peti para pembesar kerajaan diletakkan di sebuah platform khusus—namanya catafalque—di tengah-tengah ruangan. Dijaga ketat selama 24 jam oleh petugas dari unit Sovereign’s Bodyguard, Foot Guards, dan resimen Household Cavalry.

Peti itu akan disemayamkan di sana selama beberapa hari. Dan saat inilah, publik bisa memberikan penghormatan terakhir kepada ratu yang berkuasa selama 70 tahun tersebut. Mereka bisa masuk ke ruangan, tapi langsung diarahkan ke galeri. Peti itu bisa dilihat, tapi tetap dari jarak yang lumayan jauh.

Meski begitu, banyak orang yang rela antre selama berjam-jam untuk mendapatkan kesempatan masuk ke Westminster Hall. Bahkan, di beberapa persemayaman keuarga kerajaan sebelumnya, tak sedikit yang sampai berkemah di depan pintu demi menunggu giliran masuk. Saat jenazah Ratu Elizabeth II yang disemayamkan, diprediksi yang antre bakal lebih banyak lagi.  

Seperti Apa Acara Pemakaman Nanti?


PEMAKAMAN KENEGARAAN untuk mantan Perdana Menteri Winston Curchill pada 30 Januari 1965. Setelah itu, pemakaman kenegaraan tak pernah digelar lagi.-AP-


Sebagai penguasa kerajaan sekaligus kepala negara, Ratu Elizabeth II bakal mendapatkan pemakaman kenegaraan. Artinya, dibiayai oleh negara. Upacara diadakan di gereja Westminster Abbey dalam dua pekan ke depan. Daftar tamu belum dirilis. Tapi, diprediksi, hampir semua kepala negara akan turut melepas kepergian Ratu yang sangat dicintai rakyat Inggris tersebut. Lima belas mantan perdana menteri yang pernah ditunjuk Ratu, serta para anggota parlemen senior, juga dipastikan hadir.

Anggota Keluarga Kerajaan Inggris yang punya pangkat tinggi di militer, atau pewaris takhta, biasanya mendapatkan seremoni pemakaman kerajaan. Seperti yang terjadi pada Pangeran Philip tahun lalu. Perbedaan antara pemakaman kerajaan dengan kenegaraan adalah, pemakaman kenegaraan harus disetujui oleh parlemen. Secara prosesi, pada pemakaman kenegaraan, yang membawa peti jenazah adalah anggota Angkatan Laut. Bukan pasukan berkuda.

Penunjukan anggota Angkatan Laut sebagai pembawa peti dimulai saat pemakaman Ratu Victoria, pada Januari 1901. Ya, pemakamannya berlangsung saat musim dingin. ’’Kuda-kuda yang seharusnya menarik kereta berisi peti kelelahan dan kedinginan, dan mulai berulah. Sangat membahayakan. Maka, tim kelasi mengambilalih tugas mereka menarik kereta peti ke Kapel St George,’’ begitu keterangan yang tercantum di website Kerajaan Inggris.

Beberapa sosok penting Inggris yang mendapatkan upacara pemakaman kenegaraan, antara lain, ilmuwan Isaac Newton, Horatio Nelson, dan tentu saja, Winston Churchill. Sang Ratu-lah yang memutuskan sendiri bahwa Chuchill—sahabat sekaligus pemimpin Inggris di masa perang itu—layak mendapatkan pemakaman kenegaraan.

Di Mana Ratu Dikebumikan?


KAPEL MEMORIAL yang jadi tempat peristirahatan terakhir Raja George VI dan istrinya, orang tua Ratu Elizabeth II. Ratu dan Pangeran Philip akan dimakamkan di sana juga.--

Setelah upacara pemakaman di Westminster, ke mana lagi jenazah Ratu Elizabeth II akan dibawa? Pastinya, ia dibawa keluar dari London, menuju Windsor. Tujuan terakhirnya adalah Kapel St George, di halaman Kastil Windsor. Masih segar dalam ingatan, upacara peringatan kematian Pangeran Philip digelar di sana. Tempat itu juga menjadi lokasi pembaptisan cucu-cucu Ratu.

Saat pemakaman Philip pada 2021, petinya dimasukkan ke dalam Royal Vault, yang posisinya tepat di bawah kapel. Bersama anggota keluarga kerajaan yang lain. Namun, dengan kematian sang istri, peti Philip bakal dipindahkan. Agar ia dapat bersanding dengan makam Ratu Elizabeth. Tepatnya di dalam kapel peringatan Raja George VI, yang berada di bagian lain St George. (Retna Christa)


Sumber: