Semua Resto Pasuruan Wajib Punya Menu Bandeng Jelak, Kuliner Apa Itu?

Semua Resto Pasuruan Wajib Punya Menu Bandeng Jelak, Kuliner Apa Itu?

Ngopi Senja dengan tema Mengapa Bandeng Jelak digelar oleh Pemkot Pasuruan.-Lailiyah Rahmawati/Harian Disway-

PASURUAN, HARIAN DISWAY -  Bandeng Jelak khas Pasuruan kini kian dilirik. Bandeng yang dibudidayakan petani tambak di Dusun Jelak, Kelurahan Blandongan, Kecamatan Bugul Kidul, Kota Pasuruan, ini terkenal gurih dan dagingnya  tidak berbau lumpur.

Oleh karena itu, Dinas Perikanan Kota Pasuruan bakal ikut terjun mendongkrak lebih luas lagi pangsa pasar Bandeng Jelak tersebut.

"Bandeng jelak ini adalah komoditas unggulan Kota Pasuruan yang saya sangat mendukung untuk semakin dikenalkan ke khalayak luas," ujar Wakil Wali Kota Pasuruan Adi Wibowo, 8 September 2022, sore.

Menurut Mas Adi, sapaan akrabnya, Bandeng Jelak memiliki kelebihan yang tidak ditemukan daerah lain. Potensi pengembangannya pun lebih luas. 

Mas Adi mendukung inovasi yang terus dilakukan Dinas Perikanan Kota Pasuruan untuk mengorbitkan Bandeng Jelak. Salah satunya dengan mewajibkan semua restoran di Kota Pasuruan memiliki menu bandeng jelak.

"Saya mendukung inovasi yang dilakukan Dinas Perikanan supaya ke depannya Bandeng Jelak bisa membawa nama Kota Pasuruan ke kancah nasional," kata Mas Adi.

Acara diskusi bertema "Mengapa Harus Bandeng Jelak? Digelar di sebuah kafe di Kelurahan Tembokrejo, Kecamatan Purworejo, Kota Pasuruan. Acara tersebut juga menghadirkan beberapa dosen dari berbagai perguruan tinggi untuk mengulas bandeng jelak. Acara tersebut menghadirkan puluhan anak-anak muda Kota Pasuruan dengan tujuan supaya generasi milenial menyukai menu bandeng jelak. (*)

 

Sumber: