Bene Dion Rajagukguk Selangkah Lagi Menduniakan Batak

Bene Dion Rajagukguk Selangkah Lagi Menduniakan Batak

--

JAKARTA, HARIAN DISWAY - Bukan main senangnya Bene Dion Rajagukguk begitu film Ngeri-ngeri Sedap garapannya, terpilih mewakili Indonesia mewakili kompetisi Academy Awards ke-95 untuk kategori Film Fitur Internasional atau The International Feature Film Award. 

Bene Dion Rajagukguk, sutradara, tak menyangka Ngeri-ngeri Sedap dipercaya mewakili Indonesia. ”Enggak menyangka dan tentu senang dengan kabar baik ini. Semoga Pak Domu sekeluarga juga berkesan bagi Oscar (Komite Academy Awards),” kata sutradara sekaligus penulis naskah Ngeri-ngeri Sedap itu.

Dengan terpilihnya film itu, maka harapan Bene Dion Rajagukguk bisa mengenalkan budaya Indonesia kepada dunia, khususnya Batak, Sumatra Utara, akan terlaksana. ”Semoga adat Batak semakin dikenal dunia,” imbuh Bene Dion Rajagukguk lalu menjelaskan, lolosnya Ngeri-ngeri Sedap ke Oscar 2023 melewati berbagai tahapan yang dilakukan Komite Seleksi Oscar Indonesia 2022.

Ngeri-ngeri Sedap yang  menempati peringkat ketiga dalam daftar Film Indonesia Terlaris setelah KKN di Desa Penari dan Pengabdi Setan: Communion itu melaju ke Oscar tahun depan setelah tujuh dari sembilan anggota Komite Seleksi Oscar Indonesia 2022 memilihnyanya. 

Komite yang beranggotakan sembilan tokoh perfilman yakni Deddy Mizwar sebagai ketua, Zairin Zain selaku sekretaris dan Armantono, Cesa David Luckmansyah, Garin Nugroho, Ilham Bintang, Niniek L Karim, Slamet Raharjo, dan Yadi Sugandi sebagai anggota.

Menurut Deddy Mizwar, ada banyak syarat yang harus dipenuhi sebuah film untuk dapat mengikuti Piala Oscar, antara lain, film sudah pernah dipertunjukkan di bioskop selama seminggu secara berturut-turut, dan belasan lagi persyaratan teknis lainnya. Komite yang dipimpinnya bekerja dalam tenggat waktu sebulan, termasuk untuk penetapan film pilihan komite.

Untuk menemukan film pilihan itu, komite mempertunjukkan film-film hasil seleksi secara khusus di Studio XXI Plaza Senayan, dimulai Senin, 12 September 2022 pagi hingga petang, kemudian dilanjutkan dengan diskusi anggota juri.

Yang absen dalam diskusi ini hanya Garin Nugroho dan Yadi Sugandi. Tujuh dari sembilan lainnya secara aklamasi memutuskan memilih film Ngeri-ngeri Sedap mewakili Indonesia di ajang Piala Oscar. ”Inilah maksimal yang dihasilkan komite seleksi Oscar Indonesia, selebihnya mari kita mendoakan bersama semoga tahun ini film itu bisa berjaya di ajang Oscar,” kata Deddy.

Setiap tahun Academy of Motion Pictures Arts and Sciences memberikan penghargaan untuk film panjang yang diproduksi di luar Amerika Serikat yang sebagian besar berisi dialog non-Inggris. Nah Indonesia sendiri telah mengikuti ajang Academy Awards untuk ketegori Film Fitur Internasional Terbaik sejak 1987. 

Film Nagabonar yang disutradarai MT Risyaf dengan pemain utama Deddy Mizwar dan Nurul Arifin ini menjadi film Indonesia pertama yang dikirim ke Academy Awards. ”Namun, sejauh ini belum pernah berhasil memboyong pulang Piala Oscar dari kompetisi yang diikuti film di seluruh dunia,” ujar Ilham Bintang, anggota Komite Seleksi Oscar Indonesia 2022.

Ngeri-ngeri Sedap berlatar belakang kehidupan keluarga suku Batak yang mengalami disrupsi dalam kehidupan modern. FIlm ini dibintangi oleh Arswendy Beningswara Nasution, Tika Panggabean, Boris Bokir Manullang, Gita Bhebhita Butar-butar, Lolox, dan Indra Jegel. Selama diputar, Ngeri-ngeri Sedap telah menggaet lebih dari 3 juta penonton. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: