Wushu artikel

Cheng Yu Pilihan Haris Chandra: Ren Li Cun Xin

Cheng Yu Pilihan Haris Chandra: Ren Li Cun Xin

Cheng Yu Haris Chandra--

HARIS Chandra alias Zhang Jinquan 张锦泉 adalah pencinta seni. Rumahnya bukan pakai bel, tapi lonceng besar. Begitu tangan dimasukkan ke lobang yang ada di bagian kanan gerbangnya, akan ketemu tali tambang yang ketika ditarik ke belakang, akan membunyikan genta tersebut. Tung... tung... tung....

Lalu, setelah masuk, di bagian kiri pintu rumahnya Anda akan disuguhi miniatur Borobudur karya Nyoman Nuarta --yang Anda sudah tahu berapa harganya.

Makin ke dalam, lukisan-lukisan dari beragam aliran, mulai dari realisme hingga surealisme, akan memanjakan mata Anda. Dan, hei, coba lihat kaligrafi Mandarin di ruang tamunya. ”仁义礼智信” (rén yì lǐ zhì xìn), bunyinya.

BACA JUGA:Cheng Yu Pilihan Owner Maspion Group Alim Markus: Yu Ren Wu Zhi, Mo Ruo Wu Wei

Itu lima sifat mulia (五常 wǔ cháng) dalam ajaran Konfusianisme. Yang masing-masing artinya: welas asih, loyalitas, kesusilaan, kebijaksanaan, dan dapat dipercaya.

Inilah yang diamalkan Haris dalam mengelola bisnis-bisnisnya --dan boleh jadi merupakan penyebab dari terus berkembangnya usahanya. Ia pendiri PT Aditya Sarana Graha, yang berfokus pada bidang manufaktur, impor, distribusi serta logistik untuk bahan bangunan dan peralatan rumah tangga. Kirin, Roca, Wasser, dan Paloma, ialah beberapa merek perabotan dapur dan perlengkapan mandi dari perusahaannya. Hotel Hariston di Jakarta Utara yang terlihat dari tol menuju Bandara Soekarno-Hatta pun miliknya.

Jika dikerucutkan, dalam berbisnis dan bermasyarakat, Haris menjalankan prinsip humanisme. Ia ingin nguwongke uwong, gawe legane uwong, memanusiakan menusia, membuat manusia bahagia. Ia selalu ”仁礼存心” (rén lǐ cún xīn): memantapkan sikap welas asih dan kesusilaan sejak dalam hati. (*)

 

Sumber: