Jaga Jantung dengan Gowes

Jaga Jantung dengan Gowes

GUBERNUR Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa bersepeda santai dengan para dokter jantung di Jatim.-Humas Pemprov Jatim-

SURABAYA, HARIAN DISWAY- GUBERNUR Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa bersepeda santai dengan para dokter jantung di Jatim. Kegiatan bertajuk Indonesia Heart Bike (IHB) itu dilaksanakan untuk memperingati Hari Jantung Sedunia 2022. Gowes juga diikuti puluhan warga.

Rite dimulai dari halaman Gedung Negara Grahadi, Surabaya, dan berakhir di tempat yang sama. Jarak yang harus ditempuh para peserta gowes itu 10 kilometer. Secara khusus, Khofifah mengapresiasi acara IHB 2022 kali ini.

Terlebih, acara itu terselenggara atas sinergisitas antara Pemprov Jatim dan  Ikatan Dokter Indonesia (IDI), IKA Unair, Yayasan Jantung Indonesia bersama Departemen/KSM Ilmu Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah FK Unair, RSUD dr Soetomo, dan PERKI Cabang Surabaya. 

Selain bersepeda santai, acara diisi dengan pemeriksaan tensi darah, cek kesehatan, senam jantung, hingga pasar murah. ”Saya menyambut positif diselenggarakannya acara ini. Ini kolaborasi yang sangat baik untuk bersama-sama mencegah penyakit jantung. Sekaligus menyosialisasikan hidup sehat,” ujar Khofifah, Minggu, 25 September 2022.

Tak hanya sehat, gubernur perempuan pertama di Jatim itu mengatakan bahwa olahraga juga sumber kebahagiaan. Dengan berolahraga, orang akan mendapatkan dua manfaat sekaligus. Yakni, bahagia dan sehat. Selain itu, cara paling ideal untuk merefleksikan tentang masalah penyakit jantung dengan berpikir secara global dan bertindak secara lokal.

Dimulai dari pembuat kebijakan dan profesional kesehatan hingga seluruh lapisan masyarakat diundang untuk terlibat. ”Jadi, untuk merayakan Hari Jantung Sedunia, dengan rutin melakukan skrining kesehatan jantung dan mengubah pola hidup kita menjadi lebih sehat,” jelas Khofifah.

Sementara itu, Wakil Sekjen YJI Pusat Novi Ariwibowo menyampaikan, peringatan Hari Jantung tahun ini berprinsip kolaboratif. Ia menyebutkan, olahraga dan kesehatan adalah mata rantai yang tidak bisa dipisahkan.

Di sisi lain, Plt Rektor Universitas Airlangga (Unair) Prof Bambang Sektiari mengucapkan terima kasih telah melibatkan Unair, khususnya IKA Unair, dalam rangka peringatan Hari Jantung Dedunia. Ia memastikan para alumnus Unair yang ada di berbagai daerah dan di luar negeri juga mengikuti acara itu secara virtual.

”Mudah-mudahan acara pagi ini bisa bermanfaat bagi kesehatan masyarakat Jawa Timur. Dan harapan kita bersama masyarakat Jawa Timur yang segera bangkit lebih kuat," ucap Bambang. 

Selain memperingati Hari Jantung, kegiatan itu dirangkaikan dengan perayaan HUT Ke-50 (Emas) Ikatan Alumni (IKA) Unair. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: