Cheng Yu Pilihan Advokat Johanes Dipa Widjaja: Bi Er Hou Yi

Cheng Yu Pilihan Advokat Johanes Dipa Widjaja: Bi Er Hou Yi

Cheng Yu Johanes Dipa Widjaja--

DALAM menjalani hidup, Johanes Dipa Widjaja memegang teguh moto, "Don't decrease the goal, increase the effort." Jangan turunkan cita-cita, tapi naikkanlah usaha untuk mewujudkannya. 

Advokat tersebut barangkali pernah membaca tafsir Dai Sheng 戴圣, filsuf yang hidup di era Dinasti Han Barat, atas kitab Liji (礼记). Di sana, ada satu kalimat yang berbunyi "毙而后已" (bì ér hòu yǐ). Yang artinya: Terus mengejar mimpi, dan baru berhenti berusaha kalau sudah mati.

BACA JUGA:Cheng Yu Pilihan Owner Komira Group Yusuf Ramli: You Yuan Duo Zhenxi, Wu Yuan Mo Mianqiang

Memang, sukses --terutama yang terkait kekayaan materi-- tidak akan bisa didapat dengan berleha-leha. Mesti bersakit-sakit dahulu, baru bersenang-senang kemudian. 

Namun, mungkin terkecuali kalau Anda kaya dari sononya. Atau menikah dengan anak tunggal dari konglomerat. Atau menang lotre yang tidak habis hingga kiamat.

Sepanjang tidak begitu, tak ada cara lain selain "makan bubur sebelum sukses, makan nasi setelah sukses," kata Dipa. Alias, kudu tahan banting dalam segala situasi dan kondisi.

Untuk bisa begini, diperlukan memperbanyak pengalaman dan pengetahuan. 

Makanya, selain giat bekerja, Dipa juga rajin membaca. "Saya berkomitmen menyelesaikan membaca minimal satu buku sebulan," ungkapnya. Pun di tengah kesibukannya, ia masih menyempatkan diri mendalami bahasa Mandarin. Bahkan, pernah sekolah ke Tianjin University of Science and Technology supaya bisa berpraktik langsung di lapangan. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: