Kolaborasi Bangun Kampung Majapahit

Kolaborasi Bangun Kampung Majapahit

Penyuluhan oleh tim dari Universitas 17 Agustus 1945 di Desa Bejijong, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto, 18 September 2022.-Dida Rahmadanik untuk Harian Disway-

POTENSI Desa Bejijong sebagai pusat pariwisata sekaligus sentra edukasi sejarah memang begitu besar. Maklum, desa yang terletak di Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto, itu punya sejarah panjang. Menjulur sejak zaman kerajaan Majapahit yang pernah mempersatukan Nusantara.

 

Potensi itulah yang digarap oleh tim dari Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya. Mereka melirik inovasi teknologi komunikasi untuk alternatif perubahan bentuk informasi. Informasi dalam bentuk digital saat ini digunakan dalam segala bidang kehidupan. Termasuk yang berkenaan dengan bidang pariwisata. Digitalisasi informasi pun dianggap efektif karena sifat jangkauannya yang luas. Aksesnya pun mudah.

 

Itulah yang menggerakkan tim yang diketuai oleh Dida Rahmadanik SAP MAP tersebut. Dia mendampingi kelompok wisata di Desa Bejijong. Anggota timnya adalah Muhammad Roisul Basyar SAP MKP, Arya Wibisono, dan Velinda Ayu Sasmita.

 

Kelompok wisata itu dirangsang untuk bisa mengimplementasikan digitalisasi informasi potensi wisata di sana. Wujud pendampingan itu adalah penyuluhan dan dialog di Balai Desa Bejijong, 18 September 2022. Peserta penyuluhan itu adalah Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) yang dibentuk Pemerintah Desa Bejijong. Tugas kelompok itu adalah mempromosikan paket wisata dan produk-produk unggulan yang menjadi daya tarik wisata.

 

“Fokus utamanya adalah penguatan kelembagaan pusat informasi pariwisata Desa Bejijong. Agar nantinya ada pendelegasian dari anggota pusat informasi pariwisata secara resmi. Juga untuk mengelola branding secara digital. Khususnya melalui Instagram,’’ kata Dida.

 

Dosen Prodi Administrasi Publik FISIP Untag Surabaya itu berharap kegiatan itu mendapatkan atensi masyarakat secara luas. Muaranya adalah peningkatan kunjungan wisata di sana.

 

Dalam kegiatan itu, tim dari Untag Surabaya juga memberikan pelatihan tentang pembuatan konten bisnis dan pemasaran digital melalui media sosial. Peserta juga diajarkan membuat video profil pariwisata desa serta pembuatan artikel berita.

 

Kepala Desa Bejijong Pradana Tera Mahardika juga punya harapan besar. Yakni agar kunjungan wisatawan meningkat dan bisa membantu pembangunan desanya. ’’Kami tentu merasa sangat terbantu dalam kolaborasi pembangunan dan penguatan potensi wisata di desa kami,’’ kata Pradana.  (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: