Once Mekel Butuh 8 Bulan buat Lagunya

Once Mekel Butuh 8 Bulan buat Lagunya

--

Sebagai solois, musisi Once Mekel tetap berkarya. Kali ini dia merilis karya terbarunya berjudul Ditentukan untuk Bersama. Menariknya, lagu ini ia garap dengan mengajak generasi muda yang jauh di bawahnya.

Tentu saja untuk eksis, Once Mekel tak bisa melupakan anak milenial zaman sekarang. Mungkin itulah yang membuat Once Mekel berkarya dengan melakukan kolaborasi lintas generasi. Bukan dari kalangan musik yang sudah mapan. Namun ia memilih mengajak siswa SMK. 

Upaya itu tampak saat dilakukan perilisan single baru tersebut diadakan secara intimate bersama keluarga dan rekan-rekannya di BSD, Tangerang Selatan. Atas kesempatan terus berkarya itu, Once Mekel menerimanya sebagai suatu hal yang patut disyukuri. 

”Saya semakin bersyukur, karya kali ini dapat hadir bersama dengan talenta luar biasa dari rekan-rekan SMK RUS Animation Kudus untuk membuat visual lagu saya sampai ke hati," kata Once Mekel. 

Dalam karya terbaru Once Mekel kali ini, anak-anak milenial bertalenta dari SMK RUS Animation Kudus itu memberikan sentuhan animasi dalam video musik Ditentukan untuk Bersama. Mereka memadukan animasi 2D dan 3D serta live action yang diramu dalam sentuhan sedemikian rupa sehingga menjadi satu harmoni.

Untuk menggarap lagu itu, Once Mekel membutuhkan waktu kurang lebih 8 bulan hingga akhirnya dapat dinikmati pendengarnya pada bulan ini juga. Lagu Ditentukan untuk Bersama berbicara soal kisah kasih yang terpisah tapi entah karena apa sehingga menimbulkan kegalauan kedua pihak. 

Tapi keyakinan bahwa cerita cinta manusia sesungguhnya sudah terukir indah dari Sang Pemilik Hidup, maka waktu akan menjadikan semua indah pada waktunya.

Sentuhan nada melankoli namun tidak cengeng sebagaimana kerap menjadi elemen penikmat dalam setiap karya Once juga dapat dirasakan sepenuhnya dalam lagu ini.

”Mencoba sesuatu yang baru itu menyenangkan, meski kadang harus berani keluar dari diri sendiri. Lagipula kreatifitas kan tanpa batas. Jadi sangat setuju ketika disodorkan ide berkolaborasi dalam membuat video klip lagu terbaru saya dengan sentuhan animasi,” kata Once.

Sementara Ivan Nadi Animation Director SMK RUS Animation Kudus mengaku bangga bisa menjadi bagian dari karya musisi besar Indonesia. "Semoga banyak karya lintas medium untuk saling melengkapi karya anak bangsa Indonesia. Berkolaborasi menggarap video klip Once Mekel, musisi yang punya reputasi tentunya memiliki tantangan. Kita harus bisa mempertemukan penggemar setia Once yang sudah punya kelas tersendiri dengan anak- anak muda kekinian di era digital sekarang,” katanya. 

Selain melagukannya, lagu ini dikomposeri sendiri oleh pria bernama asli Ellfonda Mekel ini. Bertindak sebagai music producer dan arranger ditangani Once Mekel bersama Irfan Chasmala. Dalam musik, piano dipegang Irfan Chasmala, organ oleh Once Mekel, drums oleh Echa Soemantri, contrabass oleh Maha Nimrod Purba. Sementara rekaman dilakukan oleh Kelana Halim di Mekel Music Studio, berikut mixed dan mastered oleh Kelana Halim juga.

Setelah pembubaran Dewa 19 pada 2011, Once Mekel memang mulai fokus dalam kariernya sebagai penyanyi solo. Setelah merilis beberapa single, ia pernah meluncurkan album pertamanya yang bertajuk Once (2012). 

Di jagat musik Indonesia, Once Mekel dikenal sebagai salah satu vokalis pria terbaik di Indonesia dari sisi karakter dan kekuatan vokal. Majalah Rolling Stone memasukan Once Mekel dalam 50 Greatest Indonesian Singers yaitu daftar 50 penyanyi Indonesia terbaik sepanjang masa. (het)

Sumber: