Kalah Dari Malaysia, Timnas U-16 Berharap Lolos Lewat Perebutan Runner Up Terbaik

Kalah Dari Malaysia, Timnas U-16 Berharap Lolos Lewat Perebutan Runner Up Terbaik

Menyedihkan Timnas Indonesia dibantai Malaysia 1-5 dalam laga terakhir Kualifikasi U17 di Stadion Pakansari, Cibinong, Jawa Barat, Minggu 9 Oktober 2022.-FAM Malaysia -disway.id

BOGOR, HARIAN DISWAY - Indonesia gagal meraih tiket lolos otomatis ke putaran final Piala Asia U-17 2023. Garuda muda kalah oleh Malaysia dengan skor 1-5 pada  laga terakhir Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 di Stadion Pakansari, Bogor, Minggu, 9 Oktober 2022 malam.

Kekalahan ini membuat Indonesia finis di posisi dua klasemen Grup B Kualifikasi Piala Asia U-17 2023. Malaysia yang menjadi juara grup dan lolos otomatis ke Piala Asia U-17 2023. 

Saat kalah dari Malaysia, Poin Timnas Indonesia U-16 masih tetap sembilan. Sedangkan Malaysia menjadi juara Grup B dengan 10 poin dan lolos ke Piala Asia U-17. 

Kans Indonesia untuk lolos masih ada. Akan ada penentuan 6 runner up terbaik dari 10 grup. Namun penentuan runner up terbaik tersebut tergolong rumit. Sebab, jumlah tim di grup tidak sama.

Indonesia masuk Grup B yang diisi lima negara.  sedangkan Grup H hanya tiga negara. Nah, penentuan poin runner-up akan mengikuti situasi di grup dengan peserta paling sedikit. Jadi hanya poin dua laga yang dihitung pada kalsemen runner-up terbaik.

Artinya, kemenangan timnas atas Guam dengan skor 14-0 tidak dihitung di klasemen runner-up terbaik. Sebab, Guam menempati posisi keempat Grup B. 

Regulasi Runner-up Terbaik:

1. Poin. 

2. Selisih gol memasukkan dan kemasukan. 

3. Gol yang dicetak. 

4. Poin disiplin (jumlah kartu kuning dan merah). 

5. Undian jika poin sama. (*)



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: