Tarian Kolosal Wakili Wajah Jatim

Tarian Kolosal Wakili Wajah Jatim

Atraksi reog Ponorogo mengibur tamu undangan pada peringatan Hari Jadi ke-77 Jatim di Grahadi.-Boy Slamet-Harian Disway-

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Tidak sia-sia 1.000 warga Jatim terpilih menjadi tamu Gubernur Jawa Timur pada upacara peringatan Hari Jadi ke-77 Jatim di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, 12 Oktober 2022. Mereka terpilih dari ribuan orang yang mendaftar menjadi tamu kehormatan di acara spesial itu.

Begitu dibuka pendaftaran, hanya beberapa menit, kuota terpenuhi. Dipilih 500 orang untuk hadir di upacara pagi dan 500 orang di upacara sore. Mereka disuguhi tarian kolosal yang menampilkan budaya Jawa Timur. Sepadan dengan perjuangan mereka yang antre sejak pukul 06.00.


Tari muang sangkal dari Sumenep memukai para undangan di Gedung Negara Grahadi.-Boy Slamet-Harian Disway-

Ada 450 penari yang tampil. Mulai tari Muang Sangkal dari Sumenep, Reog Ponorogo, Dongkrek Madiun, dan tari Gandrung dari Banyuwangi. Mereka berkolaborasi dengan Marching band dari SMA Taruna Bhayangkara, Banyuwangi. 

Para penari berasal dari berbagai sanggar di Jawa Timur, yakni Sanggar Candik Ayu, Sanggar Tari Didik, Gito Maron, Raff Dance Company, Mulyo Joyo Enterprise, Sanggar Laboratorium Remo, Sanggar Tari Kalimas, Sanggar Tari Pandu Siwi, dan siswa-siswi SMAN 12 Surabaya.

Peringatan HUT ke-77 Jatim ini dirancang  lebih sederhana dari biasanya. "Kita masih berduka karena insiden di Stadion Kanjuruhan. Mari kita doakan para korban," kata Khofifah. (Michael Fredy Yacob)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: