Kadung Digusur, Rusunawa Belum Siap

Kadung Digusur, Rusunawa Belum Siap

Petugas Satpol PP membantu warga membersihkan barang barang.-Afdholul Arrozy S -

SURABAYA, HARIAN DISWAY- Sejak Senin, proses relokasi Kampung 1.001 Malam mulai dibongkar. Warga hanya pasrah. Mereka membantu satpol PP membongkar rumah yang hanya disekat papan kayu itu. Sebanyak 16 kepala keluarga (KK) yang tinggal puluhan tahun di bawah kolong jembatan akan dipindah ke Rusun Sumur Welut.

Selain itu, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi akan memberikan bantuan seperti pekerjaan hingga pelatihan untuk membuka usaha. Dengan begitu, warga yang rata-rata menjadi pengamen dan pengemis itu bisa beralih pekerjaan.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Surabaya Anna Fajriatin menyebutkan, sementara waktu, warga ditampung di kantor Kecamatan Lakarsantri. ”Karena rusunawa yang akan ditinggali masih dibersihkan sebagian. Insya Allah akan selesai pada Rabu, 19 Oktober 2022,” ungkap Anna.

Untuk administrasi, saat ini dinas kependudukan dan pencatatan sipil (dispendukcapil) sedang memprosesnya. ”Termasuk kepindahan sekolah anak-anak, pengurusan kartu keluarga, perekaman e-KTP, dan administrasi kependudukan lainnya,” terangnyi. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: