Ribuan Santri di Hoofdbestuur Nahdlatoel Oelama

Ribuan Santri di Hoofdbestuur Nahdlatoel Oelama

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi diapit ketua PCNU Surabaya Kyai Muhibin Zuhri (kiri ) dan Rois Syuriah PC NU Surabaya Kyai Mas Sulaiman Nur pada Peringatan Hari Santri dan haul Syuhada di depan Kantor PCNU Surabaya, 21 Oktober 2022.-Boy Slamet-

SURABAYA, HARIAN DISWAY- SEMALAM ribuan masyarakat nahdliyin dari berbagai kalangan berkumpul di depan Hoofdbestuur Nahdlatoel Oelama. Bangunan itu berdiri sejak 1909. 

Gedung yang berada di Jalan Bubutan, Surabaya, tersebut menjadi saksi perjuangan kaum santri dan masyarakat melawan penjajah. Mereka bahu-membahu mempertahankan NKRI dengan Resolusi Jihad yang dicetuskan KH Hasyim Asy’ari.


Muhammad Fajar Rizki dari Kedai El Rumi menyuguhkan tarian sufi.-Boy Slamet-

Atas perjuangan itu, 22 Oktober diperingati sebagai Hari Santri. Tahun ini Pemkot Surabaya bersama Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Surabaya memperingatinya dengan tajuk Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan.

”Surabaya tidak bisa dilepaskan dengan santri. Di tempat ini serta di kota ini, sejarah telah mencatat jasa ulama dan santri berjihad merebut kemerdekaan dari sekutu,” kata Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi, Jumat, 21 Oktober 2022.

Doa mengenang para pahlawan juga tak luput dan dipimpin Ketua PCNU Kota Surabaya Muhibbin Zuhri. ()

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: