Wawali Pasuruan Singgung Banyak Jasa Santri untuk Indonesia

Wawali Pasuruan Singgung Banyak Jasa Santri untuk Indonesia

UPACARA Hari Santri Nasional di Kota Pasuruan.-Lailiyah Rahmawati-

PASURUAN, HARIAN DISWAY - Momen Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) di Kota Pasuruan diselenggarakan di Lapangan Ponpes Bayt al-Hikmah, Kelurahan Krampyangan, Kecamatan Purworejo, Kota Pasuruan. Wakil Wali Kota Pasuruan Adi Wibowo atau Mas Adi bertindak sebagai inspektur upacara. 

Dengan tema HSN 2022, Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan, Mas Adi mengajak semua pihak meneladani karakter para santri. 

Mas Adi mengajak para hadirin mengenang keheroikan para santri dan ulama saat masa penjajahan sampai kemerdekaan. 

”Tanggal 22 Oktober ditetapkan sebagai Hari Santri karena pada tanggal ini adalah momentum para santri menyatakan siap berjihad merebut kemerdekaan Indonesia. Kemudian, di tanggal 10 November meledaklah peristiwa penyerangan besar-besaran di Surabaya, yang kemudian diperingati sebagai Hari Pahlawan,” ungkap Mas Adi, Sabtu, 22 Oktober 2022.

Mas Adi mengatakan bahwa peringatan Hari Santri Nasional tidak hanya milik santri, tapi milik bersama. Merayakan dengan berdaya menjaga martabat kemanusiaan, yakni dengan bahu-membahu menjaga keutuhan NKRI. 

”Mari kita bersama-sama mendoakan para pahlawan, khususnya dari kalangan santri dan ulama,” ujar Mas Adi. 

Selama ini banyak persepsi bahwa santri hanya bergerak di sektor keagamaan. Padahal, sekarang santri sudah ada di mana-mana. 

Santri hari ini tidak bisa hanya dipersepsikan di peran keagamaan. Apalagi, Kota Pasuruan sebagai kota santri tidak bisa dipisahkan dengan pembangunan yang penggerak utamanya adalah santri-santri. 

”Santri menjadi teladan bagi masyarakat. Sinergi dengan para santri untuk pembangunan Kota Pasuruan mutlak dibutuhkan,” imbuh Mas Adi.

BACA JUGA: Futsal Sarungan Turnamen Khas Setiap Hari Santri di Kota Pasuruan

Upacara HSN 2022 di Kota Pasuruan itu merupakan puncak peringatan HSN. Dalam menyambut HSN, Pemkot Pasuruan menggelar sejumlah acara seperti lomba panahan pelajar, lomba samrah ibu-ibu, hingga pasar rakyat yang berlangsung meriah. (*)

WAKIL WALI KOTA Pasuruan Adi Wibowo bersama peserta upacara Hari Santri Nasional 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: