Dita Karang Secret Number Gagal Konser di Jepang Gara-Gara Tak Punya Paspor Elektronik

Dita Karang Secret Number Gagal Konser di Jepang Gara-Gara Tak Punya Paspor Elektronik

DITA KARANG batal manggung di Jepang karena masalah visa.-Instagram Secret Number-

SEOUL, Harian Disway - Dita Karang tak terlihat ketika girl band Secret Number manggung dalam Momotaro Festival, di Muscat Stadium, Kurashiki, Jepang, Minggu 23 Oktober 2022. Yang beraksi hanya berlima. Yakni Lea, Jinhee, Park Minji, Soodam, dan Zoo. Ke mana Dita?

Dalam pernyataan pers, agensi Secret Number Vine Entertainment sudah menjelaskan. Bahwa Dita tidak bisa tampil karena masalah visa. Perempuan 25 tahun itu tidak bisa memasuki Jepang. Padahal, semestinya, warga negara Indonesia mendapatkan fasilitas bebas visa di Jepang.

Soal itu, Duta Besar Republik Indonesia untuk Korea Selatan, Gandi Sulistiyanto, memberikan penjelasan. Menurutnya, manajemen Secret Number tidak tahu bahwa aturan bebas visa di Jepang bagi WNI hanya berlaku bagi pemegang paspor elektronik.

Sulis—sapaan akrab Gandi Sulistyanto—mengungkapkan, sebenarnya Dita sudah bersiap ikut rombongan Secret Number berangkat ke Jepang. Namun, ’’Pada hari keberangkatan, mereka tidak bisa check-in di bandara karena mbak Dita Karang memegang paspor non-elektronik,’’ jelas Sulis, seperti dikutip dari pernyataannya kepada Kompas.com.

Ia lantas memberitahukan kepada Dita dan manajemennya terkait paspor elektronik. Ia juga meminta Dita untuk segera pulang ke Jakarta untuk mengurus pembuatannya. Sebab, saat ini, paspor elektronik hanya bisa dibuat di Indonesia. Belum bisa diterbitkan di perwakilan RI manapun. Menurutnya, Dita sudah memahami peraturan tersebut. Dan akan segera pulang ke Indonesia.

’’Mbak Dita sudah memahami dan akan membuat e-Paspor pada kunjungan ke Indonesia nanti,’’ Sulis menjelaskan.

Sebelumnya, Vine Entertainment tidak menjelaskan permasalahan visa yang membelit Dita. Sehingga, absennya dia di Momotaro Festival menimbulkan spekulasi yang tidak jelas di kalangan fans. Agensi Secret Number pun meminta maaf kepada fans.

’’Kami mohon maaf atas kebingungan yang disebabkan oleh para penggemar dengan pengumuman sebelumnya. Dan tolong jangan membuat asumsi yang tidak jelas. Terima kasih,’’ tulis perwakilan Vine Entertainment. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: soompi